Pemanfaatan Sketch. MetaD emoLab untuk Mengembangkan Kemampuan Visualisasi dan Kreativitas Siswa di SDN 1 Jenggala Lombok Utara

Authors

  • Irfan Hidayat Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
  • Nurul Kumala Dewi Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
  • Khairun Nisa Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
  • Mega Puspita Sari Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
  • Gozin Najah Rusyada Program Studi, PGSD, FKIP, Universitas Mataramm, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i10.1765

Keywords:

pengabdian masyarakat, kreativitas guru, Sketch, MetaDemoLab, media pembelajaran digital

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya Sketch.MetaDemoLab, sebagai media pembelajaran kreatif di SDN 1 Jenggala Lombok Utara. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik langsung, pendampingan, dan evaluasi dalam satu kali kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa guru memperoleh pemahaman dasar mengenai manfaat penggunaan aplikasi, mampu menghasilkan karya visual sederhana, serta menunjukkan kesiapan untuk mengintegrasikan media digital dalam pembelajaran. Luaran kegiatan berupa laporan akhir, draf artikel ilmiah, surat pernyataan pemanfaatan hasil riset oleh mitra, serta dokumentasi kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kapasitas guru dalam mengembangkan pembelajaran kreatif berbasis teknologi di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S.R., 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Alfina Diniyati, N. D. S. O. F. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Literasi Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 97–110.

Irianti, L. (2020). Teachers’ Perception On Flipped Classroom Model In Digital Literacy Era. Elt-Lectura, 7(2), 94–102.

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru Dalam Membangun Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001.

Suweta, I. M. (2023). Sinergi Teknologi dalam Kurikulum Pembelajaran yang Positif (Studi pada Sekolah Harapan Mulia Bali). Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 425–438. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3074

Teguh, T. (2014). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Irfan Hidayat, Nurul Kumala Dewi, Khairun Nisa, Mega Puspita Sari, & Gozin Najah Rusyada. (2025). Pemanfaatan Sketch. MetaD emoLab untuk Mengembangkan Kemampuan Visualisasi dan Kreativitas Siswa di SDN 1 Jenggala Lombok Utara. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(10), 1038–1044. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i10.1765