Pemanfaatan Sketch. MetaD emoLab untuk Mengembangkan Kemampuan Visualisasi dan Kreativitas Siswa di SDN 1 Jenggala Lombok Utara
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i10.1765Keywords:
pengabdian masyarakat, kreativitas guru, Sketch, MetaDemoLab, media pembelajaran digitalAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya Sketch.MetaDemoLab, sebagai media pembelajaran kreatif di SDN 1 Jenggala Lombok Utara. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik langsung, pendampingan, dan evaluasi dalam satu kali kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa guru memperoleh pemahaman dasar mengenai manfaat penggunaan aplikasi, mampu menghasilkan karya visual sederhana, serta menunjukkan kesiapan untuk mengintegrasikan media digital dalam pembelajaran. Luaran kegiatan berupa laporan akhir, draf artikel ilmiah, surat pernyataan pemanfaatan hasil riset oleh mitra, serta dokumentasi kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kapasitas guru dalam mengembangkan pembelajaran kreatif berbasis teknologi di sekolah dasar.
Downloads
References
Abdullah, S.R., 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Alfina Diniyati, N. D. S. O. F. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Literasi Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 97–110.
Irianti, L. (2020). Teachers’ Perception On Flipped Classroom Model In Digital Literacy Era. Elt-Lectura, 7(2), 94–102.
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru Dalam Membangun Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001.
Suweta, I. M. (2023). Sinergi Teknologi dalam Kurikulum Pembelajaran yang Positif (Studi pada Sekolah Harapan Mulia Bali). Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 425–438. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3074
Teguh, T. (2014). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irfan Hidayat1, Nurul Kumala Dewi2, Khairun Nisa, Mega Puspita Sari, Gozin Najah Rusyada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








