Peningkatan Kualitas Umkm Tahu Tek-Tek Berbasis Digital Melalui Metode Participatory Action Research (Par)

Authors

  • Haryono Universitas Bumigora
  • Inayah Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i3.1711

Keywords:

UMKM, Tahu Tek-Tek, digitalisasi, pemberdayaan, masyarakat

Abstract

UMKM Tahu Tek-Tek merupakan salah satu usaha kuliner tradisional yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam mendukung ekonomi lokal. Namun, keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi digital, strategi pemasaran, serta pengelolaan usaha menjadi tantangan yang menghambat peningkatan kualitas dan daya saingnya. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), di mana pelaku UMKM dilibatkan secara aktif dalam seluruh proses mulai dari identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program. Metode yang diterapkan meliputi pelatihan pemasaran digital, pendampingan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, pengenalan aplikasi pencatatan keuangan sederhana, serta strategi peningkatan kualitas produk. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan digital pelaku usaha, perluasan jangkauan promosi, peningkatan transparansi keuangan, serta kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas produk untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan metode PAR mampu menghasilkan solusi yang aplikatif dan berkelanjutan, karena melibatkan partisipasi aktif UMKM dalam setiap tahap kegiatan. Dengan demikian, program pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas UMKM Tahu Tek-Tek, memperkuat daya saing di era digital, serta menjadi contoh praktik baik dalam pengembangan UMKM kuliner berbasis partisipasi masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhtar Ariq, M., Hanggara Putra Anwar, N., & Aulia Rahma, S. (2023). Dampak digitalisasi terhadap bisnis dan perdagangan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1801–1816.

Bjelajac., & Vesić, S. (2020). Security of information systems. Pravo - Teorija i Praksa, 37(2), 63–76.

Geofakta Razali, M., Nikmah, M., Sutaguna, I. N. T., Nindya Putri, P. A., & Yusuf, M. (2023). The influence of viral marketing and social media marketing on Instagram ads purchase decisions. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 75–86.

Jamil, K., Dunnan, L., Gul, R. F., Shehzad, M. U., Gillani, S. H. M., & Awan, F. H. (2022). Role of social media marketing activities in influencing customer intentions: A perspective of a new emerging era. Frontiers in Psychology, 12, 1–12.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71.

Istikharoh, L., Pertiwi, Y. A. N., Rahmawati, M., Firdaus, D., Halawa, T. D., & Ramadhan, C. T. (2025). Peran digital marketing dalam meningkatkan daya saing UMKM kuliner pada Yohana Kitchen Jakarta. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5(3), 1008–1018.

Maulida, M., Kasofi, K., & Balqis, B. (2021). Peningkatan pemahaman dan kesiapan generasi muda dalam menghadapi tantangan. JPM Bakti Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 148–159.

Miranti, D., & Murdana, I. M. (2025). Filosofi kuliner tradisional sebagai daya tarik wisata di Pawon 21 Bonjeruk Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Hospitality, 14(1), 547–564.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Haryono, & Inayah. (2025). Peningkatan Kualitas Umkm Tahu Tek-Tek Berbasis Digital Melalui Metode Participatory Action Research (Par). SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 785–790. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i3.1711