PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Authors

  • Sujarwo Universitas Negeri Jakarta
  • Desy Safitri Universitas Negeri Jakarta
  • Nurzengky Ibrahim Universitas Negeri Jakarta
  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i10.1391

Keywords:

bahan ajar, artificial intelligence, pembelajaran

Abstract

Bahan ajar harus ikut bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi dan informasi sebagai basis utama dalam pengembangannya, hal ini dikarenakan bahan ajar manual sudah tidak lagi sesuai dengan perkembangan jaman dan kehidupan sehari-hari peserta didik. Oleh sebab itu media ajar yang digunakan guru juga harus dapat menyesuaikan perkembangan teknologi. Salah satu cara pembuatan bahan ajar digital yang dapat digunakan di era digital adalah pembuatan bahan ajar digital dengan berbantuan artificial intellgence (AI). Inovasi perkembangan media ajar berbasis AI sangat dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran di era 4.0. sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran di era digital. Pendekatan yang digunakan ada;ah experimental learning dengan metode simulasi dengan subjeknya adalah guru di SMP Negeri 14 dengan jumlah peserta sebanyak 27 guru. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi peserta dalam hal pengetahuan dan peningkatan keterampilan peserta dalam membuat bahan ajar berbantuan artificial intelligence. Kelebihan dari kegiatan ini adalah dilakukan dengan simulasi dan pembimbingan langsung sehingga peserta dapat secara langsung mampraktikkan materi yang diterima dalam pembuatan bahan ajar berbantuan artificial intelligence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hussin, Anealka Aziz. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For.

Teaching. International Journal of Education & Literacy Studies, 6.

Usman, M. U. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar, (2017) Media Pembelajaran, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada

Rahadiantino, L., dkk. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Muliandhi, P., & Cahyono, T. D. (2021). Peningkatan Keterampilan AI (Artificial Intelligence) dalam Dunia Telekomunikasi Digital pada Tenaga Pengajar Sekolah Kejuruan Tjendekia Puruhita Semarang. Tematik, 3(2).

Purwanto, Dj, (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gava Media.Yogyakarta

Purnomo, D. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berpikir. Jurnal Aksioma. 2 (1)

Zulkardi, Z dan Ilma, R. (2014). Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan. 4 (2).

Haji, S (2011). Model Bahan Ajar Matematik SMP Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mengembangkan Kemahiran . Jurnal Pendidikan. 9(1). P.45-50

Mukhtar. (2013). Pengembangan bahan Ajar Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. P.353-360

Mulyana, T. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Melalui Penelitian Desain. Jurnal Infinity. 1(2). P.126-137)

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329.

Wibawa, A. E. Y. (2021). Implementasi Platform Digital sebagai Media Pembelajaran Daring di MI Muhammadiyah PK Kartasura pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 1(2), 76-84.

Warsita, B. W. B. (2011). Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 84-96.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 003-013.

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Barik, 4(1), 37-51.

Pambudi, A. Y., Syafi’i, I., Kartikasari, D. W., Yarkhasy, A., Bulqiyah, H., Prayogo, L. M., ... & Zaki, A. (2023, July). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 1-8).

Rahayu, S., & Al Hadi, K. (2023). Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk keefektifan presentasi yang menarik dan komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1268-1271.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Sujarwo, S., Safitri, D., Ibrahim, N., & Marini, A. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(10), 624–631. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i10.1391