PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI LAGU DAERAH BUGIS ”ININNAWA SABBARAE”

Authors

  • Kasma F Amin Universitas Muslim Indonesia
  • Muliadi Universitas Muslim Indonesia
  • Ainul Alim Rahman Universitas Muhammadiah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.139

Keywords:

Pelatihan, Pendidikan karakter, Lagu daerah

Abstract

Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan pendidikan karakter dengan menanamkan nilai-nilai kesabaran, kebaikan, dan kesederhanaan pada siswa melalui lagu daerah Bugis Ininnawa Sabbarae. Penguatan pendidikan karakter melalui lagu daerah Bugis diduga  relevan dengan fenomena kehidupan hyper reality saat ini. Ininnawa sabbarae adalah lagu daerah Bugis sebagai warisan budaya lokal  yang biasanya dinyanyikan oleh para orang tua untuk penanaman karakter pada anak-anaknya. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan dan pengenalan lagu daerah Bugis dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Target kegiatan pelatihan ini adalah guru dan siswa dengan melibatkan siswa sebanyak 20 orang. Hasil kegiatan menunjukkan tentang presentasi kenaikan pengetahuan siswa tentang karakter yang terdapat dalam lagu daerah Bugis Ininnaawa Sabbarae.  Terdapat juga peningkatan kemampuan siswa  sebanyak 60% dengan baik dan 25% yang memahami tentang  karakter sabar, karakter baik dan karakter sederhana.  Siswa mengalami peningkatan ketertarikan untuk mengetahui lagu daerahnya sebanyak 100% setelah memahami muatan karakter dalam lagu Ininnawa Sabbarae. Berdasarkan jawaban hasil unpan balik setelah mengadakan pelatihan pengenalan kandungan karakter lagu dalam sdaerah Bugis dengan metode bernyanyi maka terjadi peningkatan pemahaman karakter, dan siswa merasa sangat puas..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita T. dkk. 2019. Buku Panduan Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Berbasis Nasionalisme dan Implikasinya Terhadap Implementasi Revolusi Mental.Penerbit Deepublish.

Evi Chamala. dkk.2020. Bahan Ajar Membaca Cerita Rakyat Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Budaya Literasi Kritis bagi Mahasiswa Islam Sultan Agung. Jurnal Metafora. Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Vol. 6 no. 1

Sinung Mufti H. 2020. Nilai dalam kebenaran yang hakiki Pengembangan Ilmu Berbasis Nilai Spiritual. Jurnal Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Masdani. 2022. Pesan Moral dalam lagu Ininnawa Sabbarae (Syukur dan Sabar). Jurnal Sipatokkong. BPSDM-Sul-Sel. Vol.2 no.1

Misbahuddin, 2021. Konsep Sabar dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah. Jurnal Media KajianAl-Quran dan Al-Hadist MultiPerspektif Vol. 17, No.2 Juli 2020.

Muslich. Masnur. 2016. Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara. Bandung.

--------------- 2017.:. Renstra Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nuril Nuzulia. 2020. Pengembangan Lagu Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas 1 Sdn Purwantoro 01 Malang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 1, Juni 2020.

SP. Setiowati. 2020. Pembentukan Karakter Anak pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya. Vol.0 n0 2020

Sobri dan Maman Rukmana, 2021 . Cerita Rakyat sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Membaca Bahasa dana Sastra,Vol 6. No 1)

Vigor Vagori1, dkk. 2021. Folklor Lisan Totokkengan di Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Jurnal Adat dan Budaya Vol. 3, No. 1, Tahun 2021

Widodo, R. dan M. Mansur. 2021. Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas. Jurnal Civic Hukum jurnalcivichukum Volume 6, Nomor 1, Mei 2021. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Amin, K. F., Muliadi, M., & Rahman, A. A. (2022). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI LAGU DAERAH BUGIS ”ININNAWA SABBARAE”. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 348–357. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.139