PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI LAGU DAERAH BUGIS ”ININNAWA SABBARAE”
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.139Keywords:
Pelatihan, Pendidikan karakter, Lagu daerahAbstract
Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan pendidikan karakter dengan menanamkan nilai-nilai kesabaran, kebaikan, dan kesederhanaan pada siswa melalui lagu daerah Bugis Ininnawa Sabbarae. Penguatan pendidikan karakter melalui lagu daerah Bugis diduga relevan dengan fenomena kehidupan hyper reality saat ini. Ininnawa sabbarae adalah lagu daerah Bugis sebagai warisan budaya lokal yang biasanya dinyanyikan oleh para orang tua untuk penanaman karakter pada anak-anaknya. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan dan pengenalan lagu daerah Bugis dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Target kegiatan pelatihan ini adalah guru dan siswa dengan melibatkan siswa sebanyak 20 orang. Hasil kegiatan menunjukkan tentang presentasi kenaikan pengetahuan siswa tentang karakter yang terdapat dalam lagu daerah Bugis Ininnaawa Sabbarae. Terdapat juga peningkatan kemampuan siswa sebanyak 60% dengan baik dan 25% yang memahami tentang karakter sabar, karakter baik dan karakter sederhana. Siswa mengalami peningkatan ketertarikan untuk mengetahui lagu daerahnya sebanyak 100% setelah memahami muatan karakter dalam lagu Ininnawa Sabbarae. Berdasarkan jawaban hasil unpan balik setelah mengadakan pelatihan pengenalan kandungan karakter lagu dalam sdaerah Bugis dengan metode bernyanyi maka terjadi peningkatan pemahaman karakter, dan siswa merasa sangat puas..
Downloads
References
Anita T. dkk. 2019. Buku Panduan Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Berbasis Nasionalisme dan Implikasinya Terhadap Implementasi Revolusi Mental.Penerbit Deepublish.
Evi Chamala. dkk.2020. Bahan Ajar Membaca Cerita Rakyat Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Budaya Literasi Kritis bagi Mahasiswa Islam Sultan Agung. Jurnal Metafora. Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Vol. 6 no. 1
Sinung Mufti H. 2020. Nilai dalam kebenaran yang hakiki Pengembangan Ilmu Berbasis Nilai Spiritual. Jurnal Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Masdani. 2022. Pesan Moral dalam lagu Ininnawa Sabbarae (Syukur dan Sabar). Jurnal Sipatokkong. BPSDM-Sul-Sel. Vol.2 no.1
Misbahuddin, 2021. Konsep Sabar dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah. Jurnal Media KajianAl-Quran dan Al-Hadist MultiPerspektif Vol. 17, No.2 Juli 2020.
Muslich. Masnur. 2016. Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara. Bandung.
--------------- 2017.:. Renstra Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nuril Nuzulia. 2020. Pengembangan Lagu Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas 1 Sdn Purwantoro 01 Malang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 1, Juni 2020.
SP. Setiowati. 2020. Pembentukan Karakter Anak pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya. Vol.0 n0 2020
Sobri dan Maman Rukmana, 2021 . Cerita Rakyat sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Membaca Bahasa dana Sastra,Vol 6. No 1)
Vigor Vagori1, dkk. 2021. Folklor Lisan Totokkengan di Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Jurnal Adat dan Budaya Vol. 3, No. 1, Tahun 2021
Widodo, R. dan M. Mansur. 2021. Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas. Jurnal Civic Hukum jurnalcivichukum Volume 6, Nomor 1, Mei 2021. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/