PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SOAL LATIHAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA SD YAYASAN PENDIDIKAN MULIA KECAMATAN MEDAN SELAYANG, SUMATERA UTARA

Authors

  • Harizahayu Teknik Komputer dan Informatika/Politeknik Negeri Medan
  • Friendly Teknik Komputer dan Informatika/Politeknik Negeri Medan
  • Santi Prayudani Teknik Komputer dan Informatika/Politeknik Negeri Medan
  • Wiwin Sry Adinda Banjarnahor Teknik Komputer dan Informatika/Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.138

Keywords:

Kemampuan Kogitif, Android, Aplikasi Web

Abstract

Kemampuan kognitif siswa terutama di tingkat SD adalah salah satu kemampuan yang ingin dibangun melalui pembelajaran kurikulum Merdeka Belajar. Walaupun pada kurikulum Merdeka Belajar kemampuan kognitif tidak memiliki porsi yang besar, namun sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan belajar di jenjang pendidikan dasar salah satunya adalah mata pelajaran Matematika. Tujuan pelaksanaan PKM ini adalah untuk membantu para guru di SD Yayasan Mulia meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan memberikan pelatihan mandiri bagi siswa yang belajar dari rumah menggunakan aplikasi. Pada kegiatan PKM ini akan menerapkan Aplikasi pembelajaran mandiri bagi siswa berbasis Windows® dan android®. Aplikasi akan dibagikan kepada orang tua siswa oleh para guru.  Pada aplikasi ini akan terdapat gambaran perkembangan anak dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan soal-soal yang diberikan oleh guru.  yang diikuti dengan pelaksanaan evaluasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan hasil evaluasi, aplikasi akan dihubungkan dengan aplikasi yang terhubung ke aplikasi web berbasis API (Application Programming Interface). Pelatihan akan diberikan kepada para guru agar dapat mensosialisasikan kepada para orang tua mengenai tata cara penggunaan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, E. L., Jumadi, A. J., Mashudi, I. A., & Wibowo, D. W. (2021). Analisi Metode Cosine Similarity pada aplikasi ujian online esai otomatis (studi kasus POLINEMA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 8, No. 2, April 20218(2), Hal.: 343-348. https://doi.org/10.25126/jtiik.202184356

Farid, M. G. (2012). Analisis Dan Perancangan Sistem Ujian Online Di Smp Muhammadiyah 2 Godean.

Perkasa, D. A., Saputra, E., & Fronita, M. (2015). Sistem Ujian Online Essay Dengan Penilaian Menggunakan Metode Latent Sematic Analysis (Lsa). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 1–9.

Radillah, T. (2019). Efektifitas Peningkatan Kualitas Lulusan UNBK Melalui E-learning Ujian online Menggunakan Metode LCM. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 4(1), 45. https://doi.org/10.14421/jiska.2019.41-05

Sugilar, H. (2019). Multimedia Matematika di Era Digital Mathematics Multimedia in the Digital Age. SENTER, November 2019, 442–451.

Tetzlaff, D. M. (2018). Using mobile technology to increase the math achievement and engagement of students with disabilities. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 79(3-A(E)).

Wahid, A., Afni, N., Kumullah, R., Nurhidayatullah, D., & Maulidnawati, A. (2020). Pelatihan PTK Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SDN PAI Kota Makassar. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 144–148.

Willacy, H., & Calder, N. (2017). Making mathematics learning more engaging for students in health schools through the use of apps. Education Sciences, 7(2). https://doi.org/10.3390/educsci7020048

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Harizahayu, Friendly, F., Prayudani, S., & Banjarnahor, W. S. A. (2022). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SOAL LATIHAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA SD YAYASAN PENDIDIKAN MULIA KECAMATAN MEDAN SELAYANG, SUMATERA UTARA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 341–347. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.138