Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Dengan Memperkuat Budaya Organisasi di Kelurahan Wek III Kota Padangsidimpuan

Authors

  • Ade Maya Mey Shanty Program Studi Manajemen, Universitas Graha Nusantara, Indonesia
  • Wisnu Yusditara Program Studi Manajemen, Universitas Graha Nusantara, Indonesia
  • Wawan Patriansyah Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Graha Nusantara, Indonesia
  • Tri Eva Juniasih Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Graha Nusantara, Indonesia
  • Abdul Latif Lubis Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Graha Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1355

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Budaya, Organisasi

Abstract

Organisasi adalah tempat beberapa orang yang berkumpul merencanakan dan mewujudkan visi misi bersama dengan menerapkan nilai-nilai, norma, etika dan peraturan yang harus dibiasakan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada para pegawai maupun beberapa warga masyarakat Wek III Padangsidimpuan Utara untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tujuan mengembangkan kelurahan dengan memperkuat budaya organisasi yang di kelurahan Wek III. Metode pengabdian ini adalah dengan memberikan pemahaman materi tentang budaya organisasi dan SDM. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membangun budaya organisasi yang kuat dengan sendirinya akan mengelola SDM yang semakin professional. Melalui budaya organisasi yang terus menerus dilakukan akan menciptakan SDM yang semakin melek teknologi dan menyadari bahwa keberlanjutan organisasi ada ditangan SDM yang tepat

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Doni Koesoema. (2015). Strategi Pendidikan Karakter Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Aenal Fuad Adam dkk. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Peningkatan Partisipasi Politik Dan Kebijakan Publik. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 165–172.

Bintoro dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Budiharjo, M. (2014). Panduan Praktis Menyusun SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Dunggio, S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Dungingi Kota Gorontalo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, 7(1), 1–9.

Hamidi, H. et al. (2015). Indeks Desa Membangun. Jakarta: Kementrian. Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Machfoedz, I., dan Suryani, E. (2012). Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta : Fitrayama.

Rahman, Y. A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Ronsumbre, N., Deliarnoor, N. A., & Mulyawan, R. (2020). Eksistensi dan Kinerja Legislatif dari Unsur Perwakilan Wilayah Adat Dalam Perspektif Demokrasi Deliberatif di Papua. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 188–202.

Suryanto D, Zuripal, Amelia D, Ningsih A. (2023). Upaya Meningkatkan Manajemen Sumber Daya Manusia, Gaya kepemimpinan, Komitmen organisasi dan Peningkatkan Kinerja Karyawan dalam Penanganan konflik Industri Di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Prov. DKI Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 2962-9438.

Tabuni, D., Rumapea, P., & Areros, W. (2016). Implementasi Kebijakan Otonomi Khusus (Studi Kasus Tentang Pelayanan Publik Bidang Pendidikan) Di Kabupaten Lanny Jaya Provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 1(043), 163-229.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Shanty, A. M. M., Yusditara, W., Patriansyah, W., Juniasih, T. E., & Lubis, A. L. (2024). Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Dengan Memperkuat Budaya Organisasi di Kelurahan Wek III Kota Padangsidimpuan. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6), 484–489. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1355