Usaha Pengolahan Eby “Nguran” Kering di Kelurahan Masrum Kota Tual

Authors

  • Nini Munirah Renur Program Studi Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perikanan, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Indonesia
  • Maimuna Renhoran Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Indonesia
  • Tati Atia Nganggun Program Studi Agribisnis Perikanan, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Indonesia
  • Usman Madubun Program Studi Manajemen Rekayasa Budidaya Laut, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1354

Keywords:

Pengolahan, Sambal, Eby/Nguran, Kelurahan Masrum

Abstract

Mitra PKM ini adalah Alumni Prodi THP Politeknik Perikanan Negeri Tual, yang memiliki usaha pengolah eby atau nguran kering di kelurahan Masrum Kota Tual. Mitra termasuk alumni Politeknik Perikanan Negeri Tual yang memilih untuk tidak menjadi PNS dan fokus pada usaha pengolahan eby kering. Permasalahan yang dihadapi mitra tentang masalah produksi, manajemen usaha dan pemasaran yaitu : kualitas eby/nguran yang masih rendah, tidak memiliki peralatan pengolahan, kapasitas produksi yang rendah, kemasan yang tidak menarik dan tidak ada labeling, kontrol kualitas rendah, belum melakukan pembukuan/pencatatan. Kondisi ini menyebabkan pendapatan mitra masih minim. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu: membuat produk baru (diversifikasi produk) menjadi Sambal Eby/Nguran, pengadaan alat pengolahan dan alat segel baru, membuat kemasan baru, membuat penyuluhan dan pelatihan pencatatan pembukuan kas sederhana. Luaran dari kegiatan ini adalah menghasilkan Sambal Eby/Nguran dan publikasi di jurnal nasional dan koran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atia, N. T., Marasabessy, I. (2018). Pengolah Enbal Lempeng Di Desa Ibra Kec. Kei Kecil Maluku Tenggara

Atia, N. T., Marasabessy, I. (2022). Mendukung Diversifikasi Usaha Kelompok Pengolahan Perikanan Usaha Mikro Kabupaten Maluku Tenggara

Hasyim, C, L. & Ohoiwutun, E, C. (2017) Peran Komunikasi Dalam Pemberdayaan Nelayan Tradisional Pada Masyarakat Pesisir (PMP) di Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan).

Marasabessy, I, Sudirjo, F. (2014). Peningkatan Daya Saing Enbal Crispy Sebagai Makanan Khas Masyarakat Maluku Tenggara dengan Fortifikasi Serat Rumput Laut. Laporan penelitian Hibah Bersaing. Politeknik Perikanan Negeri Tual.

Setiarso, B. (2006). Pengelolaan pengetahuan (knowledge management) dan modal intelektual (intellectual capital) untuk pemberdayaan UKM. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

Syarief, S., Santausa, S., Isyana, St. (1989). Teknologi Pengemasan Pangan (buku dan monografi). PAU Pangan dan Gizi. IPB, Bogor.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Renur, N. M., Renhoran, M., Nganggun, T. A., & Madubun, U. (2024). Usaha Pengolahan Eby “Nguran” Kering di Kelurahan Masrum Kota Tual. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6), 479–483. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1354