Penerapan Digital Marketing Pada Usaha Tani Hidroponik di Kelompok Tani Hidroponik RB Farm Group
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i4.1283Keywords:
Digital Marketing, Hidroponik, Pemasaran, Usaha Tani, BerkelanjutanAbstract
Sektor pertanian merupakan peranan penting dalam mendukung kebutuhan pangan masyarakat. Kemajuan teknologi memiliki peranan inovasi dalam dunia pertanian, salah satunya yaitu hidroponik. Hidroponik dapat dijadikan alternatif budidaya pertanian dengan kondisi lahan yang sempit atau tidak memadai. RB Farm Group merupakan bisnis fokus pada usaha hidroponik, namun memiliki permasalahan dalam mengurangi sisa produksi karena penyerapan konsumen yang kurang. Hal ini disebabkan belum adanya penerapan digital marketing untuk mendukung bisnisnya. Solusi yang ditawarkan, salah satunya adalah membuat platform sosial media Instagram yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan mitra. Hasil evaluasi dari kegiatan ini ditemukan bahwa penerapan sosial media Instagram membantu RB Farm Group dalam meningkatkan pangsa pasarnya sekaligus mengurangi sisa produksi yang tidak terserap oleh konsumen hingga 3% per bulan produksi. Kesimpulannya adalah bahwa penerapan digital marketing di zaman sekarang merupakan sarana yang wajib dilakukan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing usahanya.
Downloads
References
Ayutyas Sayekti, Putri, M. E., & Makarim, M. N. (2023). Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Sosial Media Pada Perusahaan Ikifarm Hidroponik, Kabupaten Bogor. Jurnal Sosial Terapan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.29244/jstr.1.1.1-11
Djibran, M. M., Andiani, P., Nurhasanah, D. P., & Mokoginta, M. M. (2023). Analisis Pengembangan Model Pertanian Berkelanjutan yang Memperhatikan Aspek Sosial dan Ekonomi di Jawa Tengah. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(10), 847–857. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i10.703
Gobel, Y. A., Djibran, M. M., Djaini, A., & Hamidah, E. (2023). Analisis Kelayakan Ekonomi dan Manfaat Lingkungan Pertanian Organik untuk Keberlanjutan Jangka Panjang. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(10), 895–907. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i10.700
Hidayat, N. (2024). Literasi Digital dan Persepsi Kemudahan Pada Cashless Society: Keputusan Adopsi Pembayaran Cashless Pada UMKM di Pontianak. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 12(1), 35. https://doi.org/10.26418/ejme.v12i1.75917
Hidayat, N., Maulana, U. A. I., & Ariffin, M. (2024). Effect of Customer Ethnocentrism and Customer Experience on Customer Satisfaction and Repurchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 11(1), 68–76. https://doi.org/10.55963/jumpa.v11i1.615
Hidayati, R. (2016). Dinamika Pasar Produk Pangan SegarAnalisis Skenario Perubahan Pola KonsumsiMasyarakat Urban Di Indonesia. Jurnal Pusdiklat Perdagangan, 2(1), 67–77.
Julianto. (2021). Kiat Sukses Bercocok Tanam Hidroponik. PT. Elex Media Computindo.
Mahdalena, M., & Munandar, A. (2020). Pemanfaatan budidaya secara hidroponik di kawasan pekarangan sempit areal perkotaan. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 54–55. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.21
Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., Swastika, A., & Hidayat, O. T. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hardi Dominikus Bancin, Uray Andrey Indra Maulana, Muchammad Ariffin, Sigit Sugiardi, Nur Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.