UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BAUBAU

Authors

  • Darmayanti Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.120

Keywords:

Motivasi Belajar, Bahasa Inggris, Variasi Metode Pengajaran

Abstract

Metode pengajaran yang bervariasi dapat memberikan pengaruh dalam pembelajaran terutama terhadap peningkatan motivasi belajar bagi siswa. Dalam hal ini motivasi belajar siswa tersebut akan timbul jika disertai dengan adanya penggunaan metode pengajaran yang bervariasi. Keberagaman metode ini adalah menjadi salah satu aspek penting dan utama dalam menentukan tujuan dan keberhasilan dalam suatu pembelajaran. oleh sebab itu, belajar dengan menggunakan multi metode adalah salah satu faktor yang dapat mengembangkan serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar serta keinginan untuk mempelajari bahasa asing yaitu pada mata pelajaran bahasa Inggris. Selain itu, Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat juga dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kreatifitas guru dalam menentukan dan menggunakan jenis metode pengajaran yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dari hasil sosialisasi ini dapat diketahui bahwa guru memperoleh informasi baru yang terkait dengan ragam dan variasi metode pengajaran terutama pada pembelajaran bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing, selain itu dari sosialisasi ini juga guru memperoleh keterampilan atau kemampuan dalam menentukan jenis metode pengajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hal tersebut menjadi referensi baru bagi para guru guna meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Tabrani R. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sitti Maryam Hamid, Andi Bulkis Maghfirah Mannong, Uyunnasirah Hambali, Sujariati. 2021. IbM Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Bagi Pemuda Gentung Community Melalui Media Presentasi Prezi. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat; Volume 4 No.2 Juli 2021; 1-7 ISSN: 2621-8100. Retrieved From https:///jurnalabdimasa/article/download/863/657/

Tamrin, A. F., & Ali, M. Y. (2019). Pkm Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Tk-It Fajar Kompleks Mannuruki Berdasarkan Gambar Dan Peningkatan Softskil Remaja Masjid Nurul Ilham Di Kabupaten Maros. Journal Of Techno Entrepreneur Acta,4(1). Retrieved From https://Journal.Unifa.Ac.Id/Index.Php/Tea/Article/View/75

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Darmayanti, D. (2022). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BAUBAU. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 256–263. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.120