Pendampingan Pengabdian Sosialisasi Stop Bullying Sebagai Sarana Pembinaan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas V SDI Onekore 5
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1164Keywords:
Sosialisasi, Stop Bullying, Keterampilan SosialAbstract
Perkembangan peserta didik khususnya anak usia sekolah dasar secara umum dapat berkembang dengan optimal bila berada di lingkungan yang aman dan nyaman tanpa ada kekerasan baik secara fisik maupun psikis. Tindakan kekerasan seperti bullying menjadi masalah dan perlunya upaya untuk mencegah salah satunya dengan sosialisasi stop bullying. Sosialisasi stop bullying dimaksudkan agar timbulnya kesadaran akan perilaku yang baik dan yang merugikan orang lain, pencegahan terjadinya perilaku bullying dan pentingnya membina hubungan yang baik dengan sesama yang dapat mewujudkan tercapainya salah satu tugas perkembangan anak usia sekolah dasar yaitu membina keterampilan sosial. Sosialisasi diberikan dengan penjelasan materi yang diselingi dengan lagu dan tepuk anti bullying dan diakhiri dengan kuis berhadiah. Peserta didik memahami penjelasan dengan baik dan berjanji untuk tidak melakukan tindakan bullying baik secara fisik maupun psikis, dan akan melaporkan bila terjadi bullying. Sosialisasi stop bullying sebagai salah satu cara mencegah terjadinya tindakan kekerasan dan sarana untuk membina keterampilan sosial peserta didik usia sekolah dasar harus tetap rutin dilaksanakan secara terencana dan melibatkan semua komponen yang terkait dalam perkembangan anak usia sekolah dasar.
Downloads
References
Hertinjung, W. S. (2013). Bentuk-bentuk Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar.
Octavia, D., Puspita, M., & Sativa Yan, L. (2020). Fenomena perilaku bullying pada anak di tingkat Sekolah Dasar. Riset Informasi Kesehatan, 9(1). https://doi.org/10.30644/rik.v8i2.273
Pratiwi, I., Tri Utami, G., & Keperawatan Universitas Riau, F. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar : Literature Review. JKEP, 6(1).
Prihartono, D., & Hastuti, S. (2019). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying di SD Negeri 02 Lengkong Wetan Serpong Kota Tangerang Selatan. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Putra, A., Surya Damayanti, P., studi Pendidikan Guru Skolah Dasar, P., & Yapis Dompu, S. (2021). Hubungan Keterampilan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Ainara Journal (Vol. 2, Issue 3). http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj
Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., Nasihatin, S. S., Erlangga, S. A., Anisahab, A., & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265
Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa (Vol. 2, Issue 2).
Tristanti, I., Zumrotun, A., & Azizah, N. (2020). Bullying dan Efeknya Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Kudus. In Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (Vol. 11, Issue 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.