Strategi Pengembangan Usaha Bagi Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1129Keywords:
Strategi, Pengembangan, Usaha, KecilAbstract
Pelaksanaan PKM ini di fokuskan pada Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay yang judul pelaksanaan kegiatan ini adalah Strategi Pengembangan Usaha khusus bagi para alumni yang telah menjalankan kegiatan usaha yang lokasinya di Kota Jayapura Wilayah Abepura, Entrop dan Waena. Yang menjadi sampel pelaksanaan PKM ini dibatasi jumlahnya hanya 13 orang yang sudah berkegiatan usaha. Pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan tahapan 1). Survei Lokasi Kegiatan Usaha, 2). Identifikasi kendala yang di hadapi, 3). Strategi Pengembangan Usaha. Dari hasil survei lokasi usaha diketahui bahwa usaha yang mereka lakukan sesuai dengan yang menjadi label usaha tersebut adalah Minuman Air jus Peras, Es Kelapa muda, Popice, Pombensin Mini, Bakso, Konter HP, Kue, Air galon dan kuliner (Jajanan Pasar). Rata-rata waktu menjalankan kegiatan usaha tersebut adalah yang (1-2,5) tahun ada 4 orang, (2,5-4,5) ada 6 orang dan ≥ 4,5 tahun ada 3 orang. Dari jumlah sampel yang ditetapkan diketahui bahwa baru 23,1% yang sudah mengembangkan kegiatan usahanya namun dengan usaha yang berbeda, sedangkan 76,9% atau 10 orang yang beraktivitas usaha belum berpikir orientasi pengembangan usaha yang dilakukan, mereka masih berorientasi untuk memperkuat jalannya usaha yang dilakukan.
Downloads
References
Ariani, Desi dkk. 2017. Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Universitas Diponegoro. Semarang
Anggraeni, C. D. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Melalui Inovasi Produk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ariadi, W., Syafii, M., Rerung, A., Tapilatu, T., & Yendra, Y. (2023). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Siswa SMK, Mahasiswa dan Alumni STIE Port Numbay Jayapura. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 375–380. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i3.4327
Harmaizar, (2003) Menangkap Peluang Usaha, (Bekasi: CV Dian Anugerah Prakasa, 2003)
Permatasari. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Untuk Mengatasi Persaingan (Studi Kasus PT . Kimia Farma Jakarta ). Cakrawala, XVII(1), 81–87.
Setyanto, A.R., 2015. Kajian Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial (Ruang Lingkup Kampung Batik Laweyan ) Oleh : Alief Rakhman Setyanto , Bhimo Rizky Samudro , Yogi Pasca Pratama , AM Soesilo Pemantapan sektor ekonomi digital akan memainkan peranan penting bagi Indo. Available at: jp.feb.unsoed.ac.id.
Wa Ariadi1*, Mugiati2, W. J. (2022). PELAKSANAAN PENINGKATAN KOMPETENSI BAGI TENAGA PENDIDIK INSTITUSI PEMERINTAH DALAM NEGERI KAMPUS PAPUA. 1(11), 3123–3132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.