Strategi Pengembangan Usaha Bagi Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Authors

  • Wa Ariadi Program Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
  • Ahadi Rerung Program Studi Keuangan Perbankan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1129

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Usaha, Kecil

Abstract

Pelaksanaan PKM ini di fokuskan pada Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay yang judul pelaksanaan kegiatan ini adalah Strategi Pengembangan Usaha khusus bagi para alumni yang telah menjalankan kegiatan usaha yang lokasinya di Kota Jayapura Wilayah Abepura, Entrop dan Waena. Yang menjadi sampel pelaksanaan PKM ini dibatasi jumlahnya hanya 13 orang yang sudah berkegiatan usaha. Pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan tahapan 1). Survei Lokasi Kegiatan Usaha, 2). Identifikasi kendala yang di hadapi, 3). Strategi Pengembangan Usaha. Dari hasil survei lokasi usaha diketahui bahwa usaha yang mereka lakukan sesuai dengan yang menjadi label usaha tersebut adalah Minuman Air jus Peras, Es Kelapa muda, Popice, Pombensin Mini, Bakso, Konter HP, Kue, Air galon dan kuliner (Jajanan Pasar). Rata-rata waktu menjalankan kegiatan usaha tersebut adalah yang (1-2,5) tahun ada 4 orang, (2,5-4,5) ada 6 orang dan ≥ 4,5 tahun ada 3 orang. Dari jumlah sampel yang ditetapkan diketahui bahwa baru 23,1% yang sudah mengembangkan kegiatan usahanya namun dengan usaha yang berbeda, sedangkan 76,9% atau 10 orang yang beraktivitas usaha belum berpikir orientasi pengembangan usaha yang dilakukan, mereka masih berorientasi untuk memperkuat jalannya usaha yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, Desi dkk. 2017. Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Universitas Diponegoro. Semarang

Anggraeni, C. D. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Melalui Inovasi Produk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ariadi, W., Syafii, M., Rerung, A., Tapilatu, T., & Yendra, Y. (2023). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Siswa SMK, Mahasiswa dan Alumni STIE Port Numbay Jayapura. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 375–380. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i3.4327

Harmaizar, (2003) Menangkap Peluang Usaha, (Bekasi: CV Dian Anugerah Prakasa, 2003)

Permatasari. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Untuk Mengatasi Persaingan (Studi Kasus PT . Kimia Farma Jakarta ). Cakrawala, XVII(1), 81–87.

Setyanto, A.R., 2015. Kajian Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial (Ruang Lingkup Kampung Batik Laweyan ) Oleh : Alief Rakhman Setyanto , Bhimo Rizky Samudro , Yogi Pasca Pratama , AM Soesilo Pemantapan sektor ekonomi digital akan memainkan peranan penting bagi Indo. Available at: jp.feb.unsoed.ac.id.

Wa Ariadi1*, Mugiati2, W. J. (2022). PELAKSANAAN PENINGKATAN KOMPETENSI BAGI TENAGA PENDIDIK INSTITUSI PEMERINTAH DALAM NEGERI KAMPUS PAPUA. 1(11), 3123–3132.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Ariadi, W., & Rerung, A. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Bagi Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 30–35. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i1.1129