MENINGKATKAN PROFESIONALISME MELALUI PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DI PROGRAM STUDI PPKN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Authors

  • Yayuk Hidayah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rini Setiyowati Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1100

Keywords:

Profesionalisme, Pelatihan Penulisan, Artikel Ilmiah, PPKn, Universitas Sriwijaya

Abstract

Peningkatan profesionalisme melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah adalah salah satu langkah dalam pengembangan diri untuk mendukung tridharma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Sriwijaya. Harapannya, pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan keilmuan dan peningkatan mutu lulusan. Metode pelatihan yang digunakan melibatkan interaksi intensif antara dosen dan mahasiswa, dengan fokus pada aspek-aspek kritis penulisan artikel ilmiah. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan adanya peningkatan dalam kualitas penulisan artikel ilmiah serta peningkatan kesadaran akan norma-norma akademik. Temuan ini menggarisbawahi peran penting pelatihan dalam meningkatkan profesionalisme mahasiswa di Program Studi PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moskovitz, C., Harmon, B., & Saha, S. (2023). The Structure of Scientific Writing: An Empirical Analysis of Recent Research Articles in STEM. Journal of Technical Writing and Communication, 0 (0). https://doi.org/10.1177/00472816231171851

Haste, H., & Bempechat, J. (2021). Introduction: The Emergence of New Civics. Teachers College Record, 123(11), 3-19. https://doi.org/10.1177/01614681221087145

Stanton, C. R., Morrison, D., & Hancock, H. (2022). Planning Community-Centered Inquiries: (Re)Imagining K-8 Civics Teacher Education With/In Rural and Indigenous Communities. The Journal of Social Studies Research, 46(1), 85-99. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2021.11.001

Hidayah,Y. (2023). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa/I SMA N 6 Yogyakarta. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development Vol. 3, No.1, April 2023 https://doi.org/10.53067/ijecsed.v3i1

Suhardi,M & Gunawan,I.M.S. (2021). 2021COMMUNITY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):67-73 DOI:10.51878/community.v1i1.556

Efendi,M, Huda.A, & M. Shodiq AM. (2021). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Mutu Lulusan. Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Peran Professional Guru Pendidikan Khusus Di Sekolah/Madrasah Inklusif Malang, 26 Agustus 2021, ISBN: 978-602-5445-26-2

Asmara.R & Kusumaningrum,.W.R. (2020). Pendampingan penulisan karya ilmiah remaja berstandar LKIR LIPI bagi guru dan siswa SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang. Jurnal Widya Laksana, Vol. 9, No. 1, Januari 2020

Sari.R.K & Paramita.E.P.(2021). Program pendampingan penulisan karya tulis ilmiah untuk meningkatkan kompetensi guru selama masa pandemi Covid-19 di TK Negeri Pembina 2 Tarakan. JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) Volume 5 Nomor 1 Juni 202. p-ISSN: 2615-4323. e-ISSN: 2579-9797

Sharma D, Cotton M. Writing scientific articles for TD. Tropical Doctor. 2021;51(4):467-468. doi:10.1177/00494755211050508

Yufrinalis, M., dkk (2023). Pendampingan Masyarakat Desa Pogon Menuju Pengembangan Kawasan Terpadu Berbasis Agropolitan. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1179–1186. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1029

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Hidayah, Y., & Setiyowati, R. (2023). MENINGKATKAN PROFESIONALISME MELALUI PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DI PROGRAM STUDI PPKN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1269–1274. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1100