PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENANAMKAN ATAU MENINGKATKAN MINAT MEMPELAJARI KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1093Keywords:
Motivasi, Penanaman Minat, Peningkatan Minat, Mempelajari Bahasa InggrisAbstract
Saat ini keterampilan berbahasa Inggris termasuk hal yang sangat perlu untuk dimiliki. Namun, melalui pengamatan terhadap beberapa mahasiswa di luar program studi Bahasa Inggris, mereka sangat minim keterampilan berbahasa Inggris. Sehingga tujuan pengabdian ini adalah memotivasi para mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat mereka dalam mempelajari Bahasa Inggris. Pada kegiatan ini mahasiswa diberikan penjelasan tentang pentingnya mempelajari Bahasa Inggris, manfaat terampil berbahasa Inggris, dan cara-cara mempelajari Bahasa Inggris. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut yaitu pada 19 Desember 2022 bertempat di halaman asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya dengan peserta 219 orang mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai program studi. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah mahasiswa termotivasi untuk mempelajari Bahasa Inggris. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari semua pihak yang terlibat dan semoga kedepannya dengan kegiatan tersebut ada kemajuan keterampilan mahasiswa dalam berbahasa Inggris.
Downloads
References
Adawiyah, R. (2022). Motivational Strategies Applied by the English Tutors to Teach Young Learners. Tamaddun, 21(1), 33–40. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v21i1.104
Azhary, L., & Ratmanida. (2021). The Implementation of 21 st Century Skills (Communication, Collaboration, Creativity and Critical Thinking) in English Lesson Plan at MTsN 6 Agam. Journal of English Language Teaching, 10(4), 608–623. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i4.114944
Idrizi, E. (2022). The 21st Century Skills and Language Education. In Contemporary Issues in Language Teaching (Issue January). International Balkan University.
Ilyosovna, N. A. (2020). The importance of English language. International Journal on Orange Technologies, 2(1), 22–24. www.researchparks.org
Marlina, D. (2021). Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 15-16 JANUARI 2021, 266–273. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5622/4872
Maryanto, L., Setyowani, N., & Migiarso, H. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download
Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 107–117.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.