PEMANFAATAN FOOD DELIVERY E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DAN PENJUALAN UMKM MUARA RIZKI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1086Keywords:
Pemasaran, UMKM, Food Delivery E-CommerceAbstract
Perdagangan menggunakan media internet merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Kemudahan proses transaksi dan dukungan teknologi membuat perdagangan menggunakan media internet berkembang pesat. Food Delivery E-Commerce merupakan salah satu media internet yang sering digunakan masyarakat dalam melihat dan membeli produk makanan serta minuman. Terjadinya pergeseran perilaku belanja pada masyarakat merupakan tantangan sekaligus peluang bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Sektor bisnis UMKM ini tidak boleh lagi terjebak pada pola-pola lama dalam mengembangkan usahanya. Sayangnya, dari survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM menyatakan sekitar 36 persen pemilik UMKM belum melek komputer dan internet, 12 persen pemilik UMKM menggunakan komputer dan internet untuk bisnis, dan hanya 6 persen saja pemilik UMKM yang sukses berbisnis online. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan yang ingin dicapai adalah membantu usaha UMKM Muara Rizki Pontianak dalam membantu untuk memasarkan dan menjual produk makanan dan minumannya di Food Delivery E-Commerce. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Tim PPM Jurusan Administrasi Bisnis Polnep ini dapat terlaksana berkat kerjasama yang baik dengan ketua dan anggota UMKM Muara Rizky. Pemateri dalam pelatihan ini adalah para dosen anggota Tim PPM Jurusan Administrasi Bisnis Polnep. Metode yang digunakan terdiri dari tiga tahapan, pertama persiapan, kedua pelaksanaan dan ketiga adalah evaluasi. Hasil dari kegiatan adalah peserta yang merupakan anggota UMKM Muara Rizky meningkat pengetahuannya mengenai Food Delivery E-Commerce, hal itu ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest.
Downloads
References
Bahri, Saiful. (2019). “Pelaku UMKM Diminta Melek Teknologi” Diakses tanggal 26 Juni 2023. https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/12893/beri-pelatihan-wirausaha-pelaku-umkm-diminta-melek-teknologi
C. Laudon, Kenneth & P. Laudon, Jane. 2005. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 8. Andi Offset. Yogyakarta. .
Turban, E. (2012). Electronic Commerce 2012: A Managerial and Social Network Perspective, London: Pearson Education.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Viska. (2017). “UMKM Go Online, Upaya Wujudkan Visi Digital Energy of Asia” Diakses tanggal 26 Juni 2023. https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/12893/beri-pelatihan-wirausaha-pelaku-umkm-diminta-melek-teknologi
Wong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginners. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.