SOSIALISASI LANGKAH BERWIRAUSAHA YANG TEPAT BAGI TRANSPUAN PELAKU UMKM SALON DI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Hanifah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin
  • Ec Lydia Goenadhi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin
  • Riswan Ludfi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1077

Keywords:

Kewirausahaan, Usaha, Transpuan, Salon

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Hotel 88, Kota Banjarmasin. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman tentang pentingnya melakukan kewirausahaan yang baik bagi transpuan pelaku UMKM berupa salon di Kota Banjarmasin. Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengurangi risiko kegagalan usaha salon para transpuan dan diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup para transpuan tersebut. Metode yang digunakan di pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi terkait Langkah Berwirausaha yang Tepat bagi salon. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pemahaman peserta sosialisasi terhadap kewirausahaan dan Langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan usahanya. Peserta berhasil memahami apa saja jenis-jenis wirausaha, metode mengelola bisnis, studi kelayakan bisnis, manajemen keuangan UMKM, dan strategi pemasaran serta bagaimana mengintegrasikan semua hal tersebut ke usaha salon mereka masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rante, Y., & Ratang, W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Jiwa Kewirausahaan Pada Pemuda Remaja di Wilayah Kotaraja dan Abepura. Jumabis: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1).

Rizal, S. (2020). PKM: Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Enterpreneurship di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur: Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Enterpreneurship di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 35-39.

Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/econom ia.v11i1.7748

Yudi, S. (2013). Wirausaha. Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal Dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha, 13(01), 1–17.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Hanifah, H., Goenadhi, E. L., & Ludfi, R. (2023). SOSIALISASI LANGKAH BERWIRAUSAHA YANG TEPAT BAGI TRANSPUAN PELAKU UMKM SALON DI KOTA BANJARMASIN. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1245–1248. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1077