SOSIALISASI PENTINGNYA MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA UNTUK PEMASARAN UMKM (STUDI KASUS: TRANSPUAN PELAKU UMKM SALON DI KOTA BANJARMASIN)

Authors

  • Erini Junita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin
  • Normalina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin
  • Nirza Marzuki Husien Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1076

Keywords:

Sosial Media, Pemasaran, Transpuan, Salon

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Hotel 88, Kota Banjarmasin. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman tentang pentingnya melakukan pemasaran melalui sosial media bagi transpuan pelaku UMKM berupa salon di Kota Banjarmasin. Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengurangi risiko menurunnya angka customer dan diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup para transpuan pelaku UMKM di Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan di pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi terkait Pemasaran Melalui Sosial Media. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pemahaman peserta sosialisasi terhadap pemasaran usaha Salon melalui sosial media. Peserta berhasil memahami apa saja jenis-jenis strategi pemasaran melalui sosial media yang ada, cara pemanfaatannya, serta bagaimana mengintegrasikan ke usaha salon mereka masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ismail, I., Al-Bahri, F. P. F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). IbM Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 16-22.

Novaria, R., Mulyati, A., Pujianto, A., & Safitri, L. A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Di Kawasan Kampung Makam Rangkah Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia, 1(01).

Rante, Y., & Ratang, W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Jiwa Kewirausahaan Pada Pemuda Remaja di Wilayah Kotaraja dan Abepura. Jumabis: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1).

Rizal, S. (2020). PKM: Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Enterpreneurship di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur: Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Enterpreneurship di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 35-39.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Sari, E. J., Normalina, N., & Husien, N. M. (2023). SOSIALISASI PENTINGNYA MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA UNTUK PEMASARAN UMKM (STUDI KASUS: TRANSPUAN PELAKU UMKM SALON DI KOTA BANJARMASIN). SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1241–1244. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1076