PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI PADA SD NEGERI 1 SOROGATEN TULUNG
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1072Keywords:
Teknologi Informasi, Literasi, SD, PerpustakaanAbstract
Pada era digital ini pemerintah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan siswa. SD Negeri 1 Sorogaten menjadi salah satu Sekolah Dasar di kabupaten Klaten. Pada sekolah tersebut literasi dirasa masih kurang dan perlu untuk terus dikembangkan. Permasalahan lainnya yaitu siswa masih belum familiar dengan teknologi informasi khususnya untuk pencarian informasi dan program dasar seperti Ms. Word. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah pada SD Negeri 1 Sorogaten. Dalam waktu kurang lebih 2 bulan tim melakukan berbagai kegiatan antara lain membantu redesign ruang perpustakaan yang nyaman untuk siswa membaca, pelatihan teknologi informasi dan membantu sekolah dalam beberapa kegiatan. Hasil dari kegiatan yaitu siswa mulai tertarik dan senang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku. Selain itu pemahaman siswa terhadap teknologi informasi khususnya Microsoft Office meningkat dibanding sebelum pelatihan.
Downloads
References
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–136.
Liady, F., Jasiah, J., Fitria, E., Anggraeni, N., Oktarina, H., & Nurlita, S. (2022). Pendampingan Literasi Teknologi. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 547–554.
Mahendrawan, E., & Rahayu, R. S. (2020). Analisis pentingnya investasi pendidikan. Jurnal Ilmiah Humanika, 3(2), 24–31.
Pujiati, D., Basyar, M. A. ., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68.
Syafa’atul, K., Lailatul, M., Ni’matu, S., & Aan, F. A. (2022). Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.