PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI PADA SD NEGERI 1 SOROGATEN TULUNG

Authors

  • Septian Angga Maulana STMIK AMIKOM Surakarta
  • Falih Nawwaf STMIK AMIKOM Surakarta
  • Muhammad Agus Saputra STMIK AMIKOM Surakarta
  • Rindi Astuti STMIK AMIKOM Surakarta
  • Viky Fithrotul Qolbi STMIK AMIKOM Surakarta
  • Ina Sholihah Widiati STMIK AMIKOM Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1072

Keywords:

Teknologi Informasi, Literasi, SD, Perpustakaan

Abstract

Pada era digital ini pemerintah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan siswa. SD Negeri 1 Sorogaten menjadi salah satu Sekolah Dasar di kabupaten Klaten. Pada sekolah tersebut literasi dirasa masih kurang dan perlu untuk terus dikembangkan. Permasalahan lainnya yaitu siswa masih belum familiar dengan teknologi informasi khususnya untuk pencarian informasi dan program dasar seperti Ms. Word. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah pada SD Negeri 1 Sorogaten. Dalam waktu kurang lebih 2 bulan tim melakukan berbagai kegiatan antara lain membantu redesign ruang perpustakaan yang nyaman untuk siswa membaca, pelatihan teknologi informasi dan membantu sekolah dalam beberapa kegiatan. Hasil dari kegiatan yaitu siswa mulai tertarik dan senang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku. Selain itu pemahaman siswa terhadap teknologi informasi khususnya Microsoft Office meningkat dibanding sebelum pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–136.

Liady, F., Jasiah, J., Fitria, E., Anggraeni, N., Oktarina, H., & Nurlita, S. (2022). Pendampingan Literasi Teknologi. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 547–554.

Mahendrawan, E., & Rahayu, R. S. (2020). Analisis pentingnya investasi pendidikan. Jurnal Ilmiah Humanika, 3(2), 24–31.

Pujiati, D., Basyar, M. A. ., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68.

Syafa’atul, K., Lailatul, M., Ni’matu, S., & Aan, F. A. (2022). Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Maulana, S. A., Nawwaf, F., Saputra, M. A., Astuti, R., Qolbi, V. F., & Widiati, I. S. (2023). PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI PADA SD NEGERI 1 SOROGATEN TULUNG. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1230–1236. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1072