PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAGI UKM DI KOTA PADANG

Authors

  • Romi Susanto Akademi Keuangan dan Perbankan Padang
  • Jhon Fernos Akademi Keuangan dan Perbankan Padang
  • Yosep Eka Putra Akademi Keuangan dan Perbankan Padang
  • Habibatul Hidayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang
  • Teguh Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang
  • Hane Johan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1067

Keywords:

Digital Marketing, Strategi Pemasaran, UKM

Abstract

Digital marketing adalah merupakan upaya aktivitas pemasaran melalui media digital atau online. Biasanya media yang banyak digunakan adalah melalui situs atau website, forum online, hingga yang paling populer adalah social media seperti facebook, instagram, youtube dan lain-lain. Pelatihan ini bertujuan dapat membawa perubahan sikap, perubahan Minat serta menumbuhkan motivasi para UKM di Kota Padang mengenai pemasaran digital (Digital Marketing). Metode yang dilakukan pada pelatihan sebagai berikut : pertama, metode ceramah. Metode ini lebih banyak digunakan untuk strategi menyampaikan materi sesuai dengan tujuan pelatihan yang dijelaskan secara terinci oleh Para narasumber. Kedua, diskusi serta berbagai pengalaman. Terakhir, memberikan praktik secara langsung pembuatan akun pada peserta pelatihan disertai dengan tutorial. Media digital yang digunakan yaitu akun bisnis yang terdapat di media sosial seperti GoogleBisnis. Hasil yang didapatkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut bahwa minimnya pengetahuan para peserta UKM tentang digital marketing serta kegiatan pemasaran yang dilakukan masih sangat tradisional. namun terdapat beberapa peserta yang sudah menggunakan sosial media untuk promosi produk UKM, tetapi tidak memisahkan akun bisnis dan akun pribadinya, dan beberapa peserta yang lainnya belum menggunakan sosial media sebagai media promosi sebab terbatasnya teknologi yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heidrick and Struggles. 2009. The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis

Ridwan, I. M. D. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Pengabdian Kepada Masyarakat

Afrilia1, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1).

Chaffey, Dave dan PR Smith. (2017). Digital Marketing Exellence: Planning, Optimizing and Integrating Digital Marketing, 5th Edition. Abingdon: Routledge.

Chaffey, D., & Smith, P. (2017). Digital Marketing Excellence. Dalam D. Chaffey, & P. Smith, Digital Marketing Excellence (hal. 82-133). New York: Routledge.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Susanto, R., Fernos, J., Putra, Y. E., Hidayati, H., Hidayat, T., & Johan, H. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAGI UKM DI KOTA PADANG. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1218–1222. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1067