PEMBERDAYAAN KWT KELURAHAN BALOCCI-BARU KABUPATEN PANGKAJENE KEPULAUAN DENGAN PRODUKSI SAYURAN HIDROPONIK PADA MINI GREENHOUSE BERBASIS IOT

Authors

  • Muhammad Kadir Politani Pangkep
  • Ahmad Anugrah Wahidin Politani Pangkep
  • Dewi Maharani Politani Pangkep
  • Nurul Rahmaniar Politani Pangkep
  • Febrianto Politani Pangkep
  • Rifky Anwar Politani Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1064

Keywords:

Hidroponik, Budidaya, Sayuran, Greenhouse Mini, IoT

Abstract

Masyarakat kelurahan Balocci-Baru telah membudidayakan sayur-sayuran dan tanaman hias skala pekarangan dengan berbagai jenis sayuran diantaranya Kangkung, selada, sawi, bayam, cabai, tomat dan lain sebagainya, menggunakan metode budidaya konvensional pada polybag serta pada lahan pekarangan yang terbatas. Lahan di Wilayah ini umumnya berbatu dan Memiliki Solum Yang dangkal kurang cocok untuk tanaman Perkebunan. Kendati demikian Keterbatasan luasan dan kondisi lahan menjadi salah satu kendala pengembangan yang lebih ekonomis di Kelompok Masyarakat menjadi kurang berkembang. Peningkatan (Scale Up) usaha produk sayuran sehat guna membantu ekonomi rumah tangga anggota Kelompok yang secara langsung akan menyediakan produk bagi pasar Warga sekitar Kawasan Wisata Sumpa Bita di kelurahan Balocci Baru, dan Kawasan Wisata sekitarnya. Secara tidak langsung akan menunjang Upaya peningkatan Gizi Masyarakat. Tujuan kegiatan Pengabdian ini adalah memberdayakan Masyarakat KWT Melati dalam Budidaya Sayuran Hidroponik dalam greenhouse mini berbasis IoT dan Budidaya Tanaman Hias. Metode pelaksanaan dilakukan dengan melalui Edukasi, pelatihan/Praktek, demo serta pendampingan: Implementasi Teknologi Rumah Produksi Sayuran Hidroponik Green house mini berbasis IoT, Pengemasan Produk Sayuran Segar, serta Produk Olahan Sayuran yang usahanya akan dikelola KWT Melati di kelurahan Balocci Baru, kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik. Kecamatan Balocci Dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Pangkep. 2022.

Bonde GM, Ludong DP, Najoan ME. Smart agricultural system in Greenhouse based on Internet of Things for lettuce (Lactuca sativa L.). Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. 2021 Jan 22;10(1):9-16.

Hayati N, Fitriyah LA, Wijayadi AW. Pelatihan Budidaya Tanaman secara Hidroponik untuk Pemenuhan Kebutuhan Sayur Skala Rumah Tangga. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat). 2021 May 9;6(1):537-45.

Holik A, Khirzin MH. PKM sistem pertanian hidroponik skala rumah tangga menggunakan sistem DFT (Deep Flow Technique). InProsiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (Sentrinov) 2020 Nov 1 (Vol. 6, No. 3, pp. 65-71).

Kadir, M., Chadijah A, Hidayati W. Implementasi Aquaponik Dengan Pompa Tenaga Surya Untuk Efisiensi Usaha Budidaya Ikan Nila Pada Kelompok Tani “Mandiri” Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat. 2023 Aug 20;1(04):1002-1009.

Rahmadhani, L. E., Widuri, L. I., & Dewanti. Kualitas mutu sayur kasepak (kangkung, selada, dan pakcoy) dengan sistem budidaya akuaponik dan hidroponik. Jurnal Agroteknologi. 2020.Vol 14(01), 33-43.

Syahputra A, Putra HR. Persepsi masyarakat terhadap kegiatan kuliah pengabdian masyarakat (KPM). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam. 2020 Jun 30:1-20.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Kadir, M., Wahidin, A. A., Maharani, D., Rahmaniar, N., Febrianto, F., & Anwar, R. (2023). PEMBERDAYAAN KWT KELURAHAN BALOCCI-BARU KABUPATEN PANGKAJENE KEPULAUAN DENGAN PRODUKSI SAYURAN HIDROPONIK PADA MINI GREENHOUSE BERBASIS IOT. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1205–1213. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1064