PENDAMPINGAN USAHA BATIK UNTUK MEMBANGUN EKONOMI KELUARGA DI DESA BUCOR PAKUNIRAN PROBOLINGGO

Authors

  • Ainol Yaqin Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Ahmad Saidi Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Ainun Fathor Rozy Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Deni Arisandi Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Fathul Munir Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Feri Kurniawan Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Imam Khusairi Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1043

Keywords:

Pendampingan, Usaha Batik, Ekonomi, Keluarga

Abstract

Tujuan Pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan usaha batik untuk membangun ekonomi keluarga di Desa Bucor Pakuniran Probolinggo. Problem ekonomi di Indonesia adalah minimnya interpreneur yang menjajahi produk, kemiskinan dan sulit bersaing dengan negara berkembang lainya apalagi sejajar dengan negara maju dipengaruhi akses interpreneurship yang terbatas. Indonesia hanya memiliki 3,47 persen interpreneur dari populasi penduduk tidak sebanding dengan negara Singapura yang tergolong negara kecil memiliki lima juta interpreneur. Bentuk pengabdian ini adalah PKM pendampingan usaha Batik untuk membangun ekonomi keluarga di Desa Bucor Pakuniran Probolinggo, PKM ini bentuknya adalah pendampingan, bagaimana mekanisme mencari pangsa pasar, menjajahi online dan offline, ekspansi produk ke berbagai wilayah dan menambah varian model guna mempercepat arus bisnisnya sehingga berdampak terhadap kesejahteraan pekerja dan rekrutmen pekerja baru. PKM ini berupaya memberikan tawaran dan solusi (thariqah) mempercepat penjualan, mekanisme menjelajahi dunia online dan offline, menambah varian model hasil membatik dan edukasi bagi pekerja dan bagaimana menambah lapangan pekerjaan. Kesimpulan dari PKM pendampingan usaha batik untuk membangun ekonomi keluarga di Desa Bucor Pakuniran Probolinggo ialah usaha batik di Bucor membutuhkan pendampingan untuk mempercepat transaksi, ekspansi bisnis online dan offline, serta masyarakat pekerja yang membutuhkan edukasi konstruktif untuk membangun sumber daya alam dan manusianya terutama yang sejalan dengan yuridis keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alang, K. E. C. P.Akisaji M. 2022. “Bagi P Engrajin B Atik Di.” (c).

Astindari, Tri, Irma Noervadila, and Dyan Yuliana. 2022. “PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UMKM BATIK TULIS DI BATIK MAULANA SITUBONDO.” 3:363–71.

Dwipasari, Lita, and Totok Subianto. 2018. “Pendampingan Pengembangan Kub (Kelompok Usaha Bersama) Batik Malangan Di Kota Malang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 2(2). doi: 10.26905/abdimas.v2i2.1816.

Dwivita, Rhena, Muarifuddin Muarifuddin, and Universitas Negeri Semarang. 2023. “Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat ( JPPM ) Website Https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jppm/index Email : Jurnal_pls@fkip.unsri.ac.id Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat ( JPPM ) Indonesia Merupakan Negara Berkembang . Badan Pusat.” 10(1):1–18.

Hamzah, Muh, Rusida Rusida, Silviana Devi, Husnul Khotimah, Tartila Tartila, Nurul Isma, and Wildatul Aluf. 2021. “PKM Pendampingan Strategi Usaha Mikro Dan Kecil Menengah Batik Dewi Rengganis Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dan Daya Saing.” GUYUB: Journal of Community Engagement 2(3):831–46. doi: 10.33650/guyub.v2i3.2908.

Nurohim, Agus Imam Zazuli, and Fitria Fatichatul Hidayah. 2020. “Membangun Desa Ekonomi Mandiri Melalui Batik Eco- Print Di Rejosari Kabupaten Kudus.” Prosiding Seminar Nasional Unimus 3:68–76.

Prasetyo, Dinar Ari, and Rullyana Puspitaningrum Mamengko. 2020. “Kajian Perancangan Model Pendampingan Perekonomian Masyarakat Desa Sentra Industri Batik Menggunakan Pendekatan Inkubasi Bisnis.” Jurnal Multidisiplin Ilmu 264–71.

Ridanasti, Erlita, and Tuasikal Muhamad Amin. 2022. “Pendampingan Regenerasi Pengrajin Batik Di Desa Kebon Bayat Kabupaten Klaten.” (1).

Syamsuddin, Faisal, and Supratiwi Amir. 2021. “Pembuatan Batik Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat.” Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) 2(1):1–6.

Triatmanto, Boge, Anwar Sanusi, and Aris Siswati. 2021. “Strategi Mempertahankan Usaha Dan Meningkatkan Peran Masyarakat Dimasa Covid-19 Pada Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik Zheng.” JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi 4(2):142–52. doi: 10.33366/jast.v4i2.2063.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Yaqin, A., Saidi, A., Rozy, A. F., Arisandi, D., Munir, F., Kurniawan, F., & Khusairi, I. (2023). PENDAMPINGAN USAHA BATIK UNTUK MEMBANGUN EKONOMI KELUARGA DI DESA BUCOR PAKUNIRAN PROBOLINGGO. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1187–1192. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1043