GAGASAN POLITIK GUS DUR DAN CAK NUR TENTANG INDONESIA PASCA REFORMASI

Authors

  • Yusdani Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/seikat.v2i2.482

Keywords:

Gagasan Politik, Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid, Sosiologi Pengetahuan, Negara Sejahtera

Abstract

Tulisan berikut ini menjelaskan tentang gagasan Islam politik tentang bangunan bernegara di Indonesia pasca reformasi. Tulisan ini hadir dilatarbelakangi oleh kegelisahan akademik keterpisahan antara kajian studi Islam di satu pihak dan kajian politik dan negara di pihak lain yang terjebak pada pembuatan tipologi.  Fokus utama tulisan ini adalah gagasan politik Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid tentang negara Indonesia pasca reformasi. Persoalan pokok yang dikaji dalam artikel ini adalah bagaimana gambaran negara Indonesia pasca reformasi dalam pemikiran kedua tokoh ini dan bagaimana kontribusi pemikiran politik kedua tokoh dalam upaya mewujudkan negara dan masyarakat sejahtera? Kerangka dasar pemikiran yang dipergunakan untuk mengkaji pemikiran politik dua tokoh dalam tulisan ini adalah sosiologi ilmu pengetahuan yang melibatkan tiga dimensi yaitu internalisasi, obyektifikasi dan eksternalisasi. Cara kerja tiga langkah dari tiga dimensi tersebut dilakukan secara simultan. Temuan penting dari tulisan ini adalah dalam pandangan dua tokoh tersebut bahwa tatanan negara Indonesia pasca reformasi adalah negara yang berposisi sebagai pelayan rakyat dan yang mempunyai kedaulatan adalah rakyat. Pemikiran politik demikian ini memberikan kontribusi penting terwujudnya negara sejahtera. Selain itu dalam pandangan dua tokoh ini Indonesia sekalipun mayoritas warganya muslim tidak perlu mendirikan negara Islam dan paling esensi dalam Islam adalah tujuan didirikannya negara yaitu keadilan dan kemakmuran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AF, Ahmad Gaus, Api Islam Nurcholish Madjid Jalan Hidup Seorang Visioner, Jakarta:Kompas, 2010.

Ahmad, Munawar, Ijtihad Politik Gus Dur: Analisis Wacana Kritis, Yogyakarta: LKiS, 2010.

Bayah, Abdullah bin Syaikh Mahfuz bin, al-Irhab at-Tasykhis wa al-Hulul, Riyad: Maktabah al-Ibyikan, 2007.

Berger, Peter L. dan Thommas Luckmann, Tafsir Sosial atas Kenyataan Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, terjemahan Hasan Basyari, Jakarta: LP3ES, 1990.

Effendy, Bahtiar, Islam dan Negara Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia, Jakarta: Paramadina, 1998.

Fanani, Muhyar, Metode Studi Islam Aplikasi Sosiologi Pengetahuan Sebagai Cara Pandang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Ghazali, Imam, Al-Tibr al-Masbuk fi Nasihat al-Muluk, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, Tanpa Tahun.

Hadiz, Vedi R. “Ketidakadilan Sosial, Akar Radikalisme”, dalam Komunitas Vol.III No.8-Agustus 2011, Jakarta: Maarif Institute For Culture and Humanity, hlm. 4-5.

Khallaf, Abdul Wahhab, as-Siyasah asy-Syar’iyah, Cairo: Matbaah ay-Taqadum, 1977.

Kuntowijoyo, Muslim Tanpa Masjid. Bandung: Mizan, 2001.

Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Bandung: Mizan. 1997.

Kuswanto, Triyoga A., Jalan Sufi Nurcholish Madjid, Pengantar: Budhy Munawar-Rachman, Yogyakarta : Pilar Media, 2007.

Madaniy, A. Malik, Politik Berpayung Fiqh Membedah Perpolitikan Nusantara dengan Pisau Syari’at melalui Penggalian Khasanah Islam Klasik maupun Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pesantren. 2010.

Madjid, Nurcholish, Indonesia Kita, Jakarta: Universitas Paramadina, 2004.

Madjid, Nurcholish, Islam, Kerakyatan, dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan, 1993.

Madjid, Nurcholish, Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan, Bandung : Mizan, 1995.

MD, Moh. Mahfud, ”Potret Multi Dimensi Gus Dur”, dalam Pengantar, Muhklas Syarkun (Penyunting), Ensiklopedi Abdurrahman Wahid Riwayat Gus Dur, I, Jakarta: PPPKI, 2013.

Najjar, Abdul Majid Umar an-, Fiqh at-Tadayyun Fahman wa Tanzilan, Tunisia: Az-Zaitunah, 1995.

Nujaim, Ibnu, al-Asybah wa an-Nazair ala Mazhabi Abi Hanifah, an-Nu’man, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1993.

Parera, Frans M. Frans M. “Menyingkap Misteri Manusia sebagai Homo Faber”, dalam Peter L. Berger dan Thommas Luckmann, Tafsir Sosial atas Kenyataan Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, terjemahan Hasan Basyari, Jakarta: LP3ES, 1990.

Rachman, Budhy Munawar-, (Penyunting), Ensiklopedi Nurcholish Madjid Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban, IV, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina dan Center for Spirituality and Leadership dan Penderbit Mizan, 2005.

Salehudin, Ahmad, Satu Dusun Tiga Masjid Anomali Ideologisasi Agama dalam Agama, Pengantar Prof. Dr. MC. Riklefs, Yogyakarta: Pilar Media, 2007.

Shepard, William E. “Islam and Ideology: Towards a Typology”, International Journal of Middle East Studies 19, No. 3 (Agustus 1987), hlm. 307.

Shihab, Alwi, Islam Inklusif, Bandung: Mizan, 1998.

Suyuti, Jalaluddin as-, al-Asybah wa an-Nazair fi al-Furu’, Beirut: Dar al-Fikr, Tanpa Tahun.

Tim Penulis, Fiqih Lintas Agama Membangun Masyarakat Inklusif Pluralis, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina dan The Asia Foundation, 2004.

Voll, John Obert, Islam: Continuity and Change in the Modern World, Boulder Colorado: Westview Press,1982.

Wahid, Abdurrahman, “Massa Islam dalam Kehidupan Bernegara dan Berbangsa,” dalam Prisma, Edisi Extra1984, hlm.3-9.

Wahid, Abdurrahman, “Merumuskan Hubungan Ideologi Nasional dan Agama”,dalam Aula, (Mei, 1985), 31.

Wahid, Abdurrahman, “Pribumi Islam”, dalam Muntaha Azhari dan Abdul Mun’im Saleh (ed.), Islam Indonesia Menatap Masa Depan, Jakarta: P3M,1989.

Watt, W. Montgomery, Muhammad: Prophet and Statesman. London: Oxford University, 1964.

Yusdani, “Islam and Prosper Indonesia: Contestation and Fragmentation of Contemporary Islamic Thought” dalam Millah: Journal of Religious Studies ISSN: 2527-922X (e); 1412-0992 (p) Vol. 22, No. 1(2023), pp. 205-234DOI: 10.20885/millah.vol22.iss1.art8.

Yusdani, Islam dan Cita-Cita Politik Era Reformasi Pemikiran Muslim Progresif. Yogyakarta: Diandra Creative & PS2PM, 2022.

Yusdani. Islam dan Negara Sejahtera Studi Kontestasi Pemikiran Muslim Indonesia Era Reformasi, Yogyakarta: Diandra Creative, 2021.

Zaidan, Abdul Karim, al-Fardu wa ad-Dawlah fi asy-Syari’ah al-Islamiyah, Gary Indo: IIFSO, 1970.

Zarqa, Ahmad ibn Muhammad az-, Syarh al-Qawaid al-Fiqhiyah, Damascus: 1989.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Yusdani, Y. (2023). GAGASAN POLITIK GUS DUR DAN CAK NUR TENTANG INDONESIA PASCA REFORMASI. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(2), 165–174. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i2.482