DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI ANALISIS: KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PADA MARKETPLACE SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.972Keywords:
Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Minat Beli, PromosiAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Marketplace Shopee yang menjadi Kualitas Produk sebagai strategi promosi dalam meningkatkan suatu keputusan pembelian produk Shopee melalui minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel yang digunakan yaitu dengan teknik sampel purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah 300. Dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian di Shopee. Pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Uji Outer Model dan Inner Model dalam SEM PLS dengan bantuan alat program SmartPLS versi 4.0. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terdapat variabel yang saling berpengaruh seperti pada penjelasan singkat berikut ini: 1) Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai T-statistics 6.154. 2) Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai T-statistic 2.361. 3) Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai T-statistics 11.467. 4) Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai T-statistics 11.812. 5) Variabel Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai T-statistics 2.410. 6) Pengaruh tidak langsung antara variabel Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli terbukti signifikan dengan nilai T-statistics 2.317. 7) Pengaruh tidak langsung antara variabel Promosi terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli terbukti signifikan dengan nilai T-statistics 2.360.
Downloads
References
Adriansyah, D., & Saputri, marheni eka. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung. Journal of Entrepeneurship, Management, and Industry, 3(3), 123–128.
Ali, Hapzi, Fauziah, Y., Dwikotjo, F., & Sumantyo, S. (2023). Pengaruh Online Consumer Review , Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. 1(1), 48–64.
Ferdinand, A. (2009). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (n.d.). Structural Equation Modeling,Teori, Konsep dan aplikasi dengan program LISREL 8.80. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Iqbal, M., & Kadir, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merchant Go Food Festival Duta Mall Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2), 227–237. https://doi.org/10.35972/jieb.v6i2.350
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran jilid 1 (12th ed.). Erlangga.
Nasution, S. L., & Limbonong, Christine Herawati Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Journal Ecobisma, 43–53.
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jkis, 1(1), 18–25. https://dinastirev.org/
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Sarsedt, M., Ringle, C. M.,& Hair, J. F. (2017). Handbook of Market Research. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran Edisi 1. Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.