PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKO SEMBAKO SUMBER MULYA GONDANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.912Keywords:
Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas ProdukAbstract
Secara parsial terdapat pengaruh Harga terhadap kepuasan Pelanggan Toko Sembako Sumber Mulya Gondang menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikansi antara variabel Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara parsial terhadap pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Sembako Sumber Mulya Gondang menunjukan adanya pengaruh signifikan yang negative antara variabel Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara simultan terdapat pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Sembako Sumber Mulya menunjukan terhadap simultan dan signifikan variabel Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa hasil yang bahwa hasil yang paling dominan terdapat pada variabel Harga (X1). Hasil yang diperoleh lebih besar daripada variabel Kualitas Produk (X2) berdasarkan Uji t (persial) Hal tersebut juga menunjukan bahwa hasil koefisien determinasi (Adjust R Square) diperoleh hasil perhitungan besarnya pengaruh kedua variabel bebas yaitu variabel Harga (X1) dan Variabel Kepuasan Pelanggan (X2) terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 0,170 atau sebesar 17%. Dengan sisa nilai R Square 83% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL di Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 331–340. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34722
Birusman, M. (2017). Harga Dalam Perspektif Islam. Mazahib, 4(1), 86–99.
Danilo Gomes de Arruda. (2021). PENGARUHKUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. 6.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684
Fiazisyah, A., & Purwidiani, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji Kfc Basuki Rahmat Surabaya. E-Journal Boga, 7(2), 168–187.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Isfahila, A., Fatimah, F., Ekonomi, F., & Muhammadiyah, U. (2018). Pengaruh harga, desain, serta kualitas produk terhadap kepuasan konsumen the effect of prices, design, and product quality on the consumer satisfaction. 8(2), 211–227.
Journal, D., & Social, O. F. (2017). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE Tahun 2017, Hal 1-8 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/.
Latifa, U. A. P. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Kelontong Janti Kencana Girimarto. Hubisintek 2021, 875–880.
Loo, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pasar Swalayan Maju Bersama Glugur. Jurnal Ilmiah Kohesi, 6(1), 68–78. https://kohesi.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/329
Mahmud, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Transmart Setiabudi Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(1), 159–167.
Marpaung, B., & Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di Pt. Karya Mitra Usaha. JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29–38.
Melisa, & Siregar, dian lestari. (2021). Jurnal Fair Value. 4(2), 691–703.
Pratiwi, N. R., Pradiani, T., & Alamsyah, A. R. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening (studi kasus pada Zama Homewear Malang). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 18–27.
Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114
Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu Dan …, 9(5), 2. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3072
Rufliansah, F. F., & Daryanto Seno, A. H. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226
Tianing, V. N., & Siswahyudianto. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kelompok Tani. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 3(1), 57–74. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v3i1.28
Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe. 1(2), 233–240.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.