PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SKINCARE SOMETHINC DI KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.903Keywords:
Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah konsumen skincare Somethinc di Kota Bekasi. Dengan jenis penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 128 responden. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan structural equation model (SEM) – SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, 2) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, 3) Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, 4) Brand Ambassador tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, 5) Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, 6) Minat Beli secara signifikan berhasil memediasi Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, 7) Minat Beli secara signifikan berhasil memediasi Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
Compas. (2022). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/
Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Maybelline New York Melalui Sikap pada Iklan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 97–104. www.fda.gov,2016
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square : konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris (Edisi 2). Universitas Diponegoro.
Hamasyi, A. ishlahiyah al. (2022). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/10/25/bpom-menilai-industri-kosmetik-akan-tetap-berkembang
Khafidin, K. (2020). Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Derivatif, 10(1), 1–15.
Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022). Pengaruh Instagram dan EWOM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. Jurnal Bisnis Perspektif (BIP’s), 14(1), 11–28.
Kristia, S. E., & Harti. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428–1438.
Lengkong, M. A., Priyowidodo, G., & Joanne Tjahyana, Lady. (2022). Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Song Joong Ki Dalam Brand Scarlett Whitening Dengan Model VisCAP. Jurnal E-Komunikasi, 10(2), 2–10.
Nancy, Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Laneige Dalam Model VisCAP. Jurnal E-Komunikasi, 8(2), 1–9.
Nurdin, S., & Wildiansyah, V. (2021). Peran Mediasi Citra Merek Pada Hubungan Antara Electronic Word of Mouth (E-Wom) Oleh Beauty Vlogger Dan Minat Beli Produk Kosmetik. Jurnal Sain Manajemen, 3(1), 11–20. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Purbohastuti, A. wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526
Rahmah, R. M., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Sariayu. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2352–2359.
Rukmana, I. D. (2022). Data Penjualan Pembersih Wajah, Erha dan La Roche-Posay Berpotensi Duduki Top Brand! Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/data-penjualan-pembersih-wajah/
Salsabiela, F. H., Listyorini, S., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Pemilihan Brand Ambassador dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Konsumen Kopi Lain Hati Wonosobo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 504–513. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35361
Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329
Waluyan, G. A., Lumanauw, B., & Rogi, M. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa S-1 Pengguna Skincare Scarlet Whitening Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 42–51.
Wintang, F. P., & Pasharibu, Y. (2021). Electronic Word of Mouth, Promosi Melalui Media Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 115–124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.