PENGARUH FASILITAS RUANG TUNGGU TERMINAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BANDAR UDARA MATAHORA-WAKATOBI

Authors

  • Ary Subiyantoro Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Sri Wahyuning Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Ode Sarni Sri Lestari Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.42

Keywords:

Fasilitas Ruang Tunggu, Kepuasan Konsumen

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terminal Terhadap Kepuasan Konsumen Bandar Matahora-Wakatobi. Dengan rumusan masalahnya yaitu seberapa besar pengaruh fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan konsumen Bandar Udara Matahora- Wakatobi. Penulisan ini dilakukan pada 19 Februari Sampai 21 Maret 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau penumpang dalam sehari adalah 78 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 65. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran angket. Teknik sampling menggunakan teknik simple rondom sampling. Dalam penelitian, analisis data yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan regresi linier sederhana. Berdasarkan skor yangdidapat dari hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang   signifikan   antara fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan konsumen atau penumpang Bandar Udara Matahora-Wakatobi, dengan koefisien korelasi yang didapat sebesar 0,692 yang termasuk pada kategori kuat dengan taraf kesalahan 5%. Dengan demikian, kualitas pelayanan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sebesar 48,3% dan sisanya 52,7% dipengaruhi faktor lain  yang  tidak  masuk  dalam variabel penulisan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, M. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Dealer Resmi Honda Kompo Motor Purbalingga)”, Skripsi, Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta PT. Asdi Mahasatya.

Assegaff. 20010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Unissula Semarang. Semarang.

Atmadjati, 2012. Meraih Kunci Sukses Service Excellence, Yogyakarta Leutukaprio.

Fandy. Tjiptono, 2006. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Andi. Yogyakarta.

Wardani fatma, Yunita.2011 Pelayanan bandara di bandar udara internasional adisutjipto Yogyakarta.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit - Undip.

Kotler, Philip. Alih Bahasa: Benyamin Molan. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1. PT. Intan Sejati Klaten. Jakarta. Payne, Adrian, 2000, tentang pemasaran jasa (the essence of service marketing), Yogyakarta.

Sugiyono, P. D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono & Diana. 2015. Konsumen Puas? Tak Cukup! Yogyakarta: Penerbit ANDI.

BSN. 2004. Perancangan Fasilitas Bagi Pengguna Kusus di Bandar Udara. SNI 03-7049-200

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM 77 Tahun 1998 tentang Penyelenggaraan Bandar Udara Umum, Departemen Perhubungan Udara, Jakarta.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Subiyantoro, A., Wahyuning, S., & Lestari, O. S. S. (2022). PENGARUH FASILITAS RUANG TUNGGU TERMINAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BANDAR UDARA MATAHORA-WAKATOBI. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 311–321. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.42