PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.705Keywords:
Problem Based Learning, Tema 7, VideoscribeAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran videoscribe pada tema 7 perkembangan teknologi kelas III SD, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran videoscribe dengan model problem based learning, (3) Untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media videoscribe. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research And Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli media dan ahli materi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likkert. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli media, ahli materi, respon guru, dan respon siswa. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 76,9% termasuk kategori Layak. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 85% termasuk kategori Sangat Layak. Hasil validasi dari respon guru yaitu 91,6% termasuk kategori Sangat Layak, sedangkan untuk respon siswa yaitu 95,3% termasuk kategori sangat Layak. Berdasarkan hasil presentase dari ahli media, ahli materi, respon guru, dan respon siswa tersebut, maka penilaian yang didapatkan dari telaah ahli dapat dikatakan bahwa media videoscribe tema 7 perkembangan teknologi yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan pada proses pembelajaran di kelas III SD.
Downloads
References
Air, Jon, Dkk. (2014). Video Scribing Howw Whiteboard Animation Will Get You Heard. Bristol, UK : Sparkol Books
Amir, M, Taufiq. (2019). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Amini, R., & Elva, N. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar. 4(3), 3125-3131.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Bagaskara, R, T., & Istianah, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran IPA Dalam Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SD. JPGSD, 9(8), 3022-3031.
Hasbullah. Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Materi Banjir Bukan Sekedar Bencana Alam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4), 7545-7553.
Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Pada Siswa IV SD Negeri 20 Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol 3, No. 4.
Helianthusonfri, Jefferly. (2019). Belajar Membuat Whiteboard Animation Untuk Pemula. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Iskandar, Dkk. (2020). Aplikasi Pembelajaran TIK Yayasan Kita Menulis.
Joni Purwono, Dkk. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan.
Masniladevi, M., Sugini, C, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(3), 59-69.
Maydilla, Dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Kelas 5 Pada Tema 5 Subtema 1 di Sekolah Dasar. Limas PGMI, 2(2), 95-104.
Mayer, O, A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the Effect of Pre-Training When Learning Thourgh Immersive Virtual Reality and Video : A Media And Methods Experiment. Computers & Education, 140, 103603.
Mintohari, & Fransisca, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran IPA Dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD. Ejournal Unesa. 6(11), 80-88
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur : UMSIDA Press.
Nunu Mahnun. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhdap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).
Nulhakim, L., Istiqamah, I,. & Saefullah, A. (2019). The Influence of Using Sparkol Videoscribe’s Learning Media to Increase Science Literacy On Pressure Concept. AIP Conference Proceedings, 7-11.
Putri, A, S., & Amini, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Sparkol Videoscribe Dikelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 80-88.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok : Raja Grafindo Persada.
Saragi, R., & Tegeh, M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10 (1), 98-107. DOI: http://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538
Santoso, T. A. (2022). Pengembangan Media Sparkol Videoscribe Berbasis Peoblem Based Learning Kelas IV SD Negeri Winong. INSPIRASI, 19(1), 631-634. DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v19i1.2699
Sari, Widya. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Tema 5 Cuaca Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN 132406 Tanjung Balai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.10(2),372-383.DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i2.18192
Sugiyono. (2016). Penelitian Suatu Pengantar. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wijaya, A, Dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Sparkol Videoscribe Pada Materi Pelajaran IPS di SD Negeri 235 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 662-669.
Wahyuni, P. (2022). Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe. ULIL ALBAB, 1(7), 2107-2111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.