PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 110/1 DESA TENAM KECAMATAN MUARA BULIAN

Authors

  • Retno Mukti Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari
  • Iwan Aprianto Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari
  • Kholid Ansori Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.663

Keywords:

Hasil belajar, Pendekatan Saintifik, Sekolah Dasar Negeri 110/1 Desa Tenam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisis Apakah Pendekatan Saintifik Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 110/1 Desa Tenam Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Populasi dalam sampel ini adalah peserta didik kelas IV, V dan VI di Sekolah Dasar Negeri 110/1 Desa Tenam. Subjek penelitian sebanyak 89 siswa sebagai responden. Hipotesis, pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi, data telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas serta uji hipotesis. Menunjukkan bahwa: Pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar sebesar 62,7%. Perhitungan thitung dan ttabel didapat thitung = 7,516, ttabel = 1,662 bahwa tolak H0 terima H1 ini artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2013. Al Qur’an dan Terjemah (Kementrian Agama Republik Indonesia. CV Pustaka Jaya Ilmu).

Anonim. 2013. Mushaf Maryam Al Fatih Qur’an. Jakarta: CV Al Fatih Berkah Cipta.

Anonim. Al Qur’an terjemah. (Standar Kemenag RI. RamsUsmani HPAI-HNI).

Anonim. Al-Qur’an Al- Mubayyin Tematik (Bandung: Al-Qur’an Al-Qosbah. 2021)

Abdullah Bin Muhammad Bin ‘Abdurrahman Bin Ishaq Alu Syaikh. 2008. Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Mu-assasahDaaral-Hilal Kairo Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahman Bin Ishaq Alu Syaikh.Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Cet 13 (Jakarta: Sekretariat Jendral MPR RI. 2013)

A. Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan (Jakarta: KENCANA)

Abduloh, Suntoko, Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik, (Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019)

Afiatin Nisa. 2015. Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial,Jurnal Ilmiah pendidikan.

Buchari Alma. 2014. Pengantar Statistika Sosial (Bandung: Alfabeta)

Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajran Abad 21. Malang: Gava Media.

Deasy Arie Rosalina. “Pengaruh pendekatan saintifik terhadap minat belajar matematika siswa sekolah dasar (eksperimen terhadap siswa kelas V SD dikelurahan sepanjang jaya kota bekasi”. (Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. 2016).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Endang Titik Lestari. 2020. Pendekatan Santifik disekolah dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fadlahah. Wawancara (Jakarta: UNJ Press. 2021)

Hamzah B. Uno. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo: PT Bumi Aksara.

Helmawati. 2018. Mendidik Anak Berprestasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lidia Susanti. 2019. Prestasi Belajar Akademik Dan Non Akademik. Malang: Literasi Nusantara.

M. Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muh. Yusuf Mappeasse, Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar program mablelogiccontroller (PLC) siswa A Kelas III Jurusan listrik SMK Negeri 5 Makasar, (Makasar: Jurnal Medtek, Volume 1 Nomor 2, Oktober 2009).

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajransaintifik. Sidoarjo: CV NLC The future spirit.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Rabia Edra. Pengertian Observasi menurut para ahli Sosiologi kelas 10. ruang guru. 2017

Rahmiati Ramli. “Pengaruh pelaksanaan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Sunggguminasa Kabupaten Gowa”. (Makasar: Fakultas Tarbiayah dan keguruan UIN ALAUDDIN MAKASAR. 2019).

Rangga Sa’adillahetal. 2020. Pendekatan Saintifik untuk pendidikan agama islam. Sidoarjo: Meja Tamu.

Risna Dwi Prasasti. 2014. Kontribusi Hasil Belajar Kue Nusantara Terhadap Minat Usaha Kue Jajanan Pasar. Skripsi FPTK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Sambas Ali Muhidin dan Manan Abdurahman, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi Aplikasi Program SPSS (Bandung: CV Pustaka Setia, 2017)

Sugiyono. 2020. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

SuharsimiArikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: PT. Rineka Cipta.).

Syaiful Bhri Bahri Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Teni Nurrita, Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran (Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2012)

Wahbahaz-Zuhaili. 2013. Tafsir Al-Munir Jilid 1 (Jakarta: Gema Insani).

Widya anggiriayana. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 67 Kota Bengkulu. (Jurnal tarbiyah dan tadris. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.). 2019

Wiwin Afriani. “Pengaruh Pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X Di SMAN 1 Waway karya pada pokok bahasan alat-alat optik”. Skripsi. (Lampung: Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2017)

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Mukti, R., Aprianto, I., & Ansori, K. (2023). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 110/1 DESA TENAM KECAMATAN MUARA BULIAN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 651–669. https://doi.org/10.55681/armada.v1i7.663