SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna <p><strong>SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</strong> is a journal that is a scientific forum for community service, with the online registered number <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220913251901548" target="_blank" rel="noopener"><strong>E-ISSN 2963-184X</strong></a>. This multidisciplinary scientific journal in the field of community service is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram with the aim of publishing the results of community service activities related to the development and application of science and technology research results, which include concepts, models and its implementation as an effort to increase community participation in development.</p> <p>SWARNA is a scientific publication in the field of community service and empowerment with coverage of areas: Human development and nation competitiveness, Local resource-based poverty alleviation, Management of rural and coastal areas of local wisdom. Economic Development, Entrepreneurship, Cooperatives, Creative Industries, Education, Animal Husbandry, Fisheries, Marine, Public Health, UMKM, Development of environmentally sound technologies. Health, nutrition, tropical diseases, herbal medicines, Art, literature, and culture.</p> en-US swarna@45mataram.ac.id (Suhartanto, SE., S.Pd., M.A.P) swarna@45mataram.ac.id (Redaksi SWARNA) Tue, 23 Sep 2025 17:16:27 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Modul Ajar Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Materi Pengurangan https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1272 <table width="605"> <tbody> <tr> <td width="429"> <p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang penting dalam pendidikan, yang menekankan pentingnya guru dalam mengakomodasi kebutuhan beragam siswa. Modul ajar memegang peran kunci dalam mendukung pendekatan ini. Artikel ini membahas implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam modul ajar, dengan fokus pada materi pengurangan dalam mata pelajaran Matematika di kelas 1. Penelitian ini menganalisis konten modul, tujuan pembelajaran, serta langkah-langkah pembelajaran yang diadaptasi untuk mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul ajar tersebut menawarkan pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif melalui berbagai aktivitas, seperti diskusi kelompok, penyelidikan, dan presentasi hasil kerja kelompok. Melalui pendekatan ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, mandiri, serta kolaboratif, sesuai dengan prinsip pendidikan yang berorientasi pada 4C: Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity. Penelitian ini menyoroti pentingnya perencanaan dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam memperkuat pengalaman belajar siswa, serta menawarkan panduan praktis bagi guru dalam merancang modul ajar yang efektif.</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> Endah Sri Rejeki, Nurratri Kurnia Sari Copyright (c) 2025 Endah Sri Rejeki, Nurratri Kurnia Sari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1272 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8 DI SDN 174/IV KOTA JAMBI https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1438 <p><em>Kampus Mengajar merupakan program yang berfokus untuk memberikan upaya peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi dengan melibatkan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di sekolah penempatan. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran program ini ialah SD Negeri 174/IV Kota Jambi yang bertempat di Jl. Sultan Agung, Lrg. Telaga, RT 10, Kel. Murni, Kec. Danau Sipin, Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam program ini dimulai dari tahapan (1) Pra kegiatan yaitu pembekalan; (2) Observasi sekolah penempatan; (3) Menyusun rancangan aksi kolaborasi; (4) Melaksanakan program kerja yang telah disepakati. Program ini memberikan dampak positif kepada peserta didik seperti meningkatnya motivasi dan minat belajar, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi serta efektivitas proses pembelajaran.&nbsp;&nbsp; </em></p> Giska Marcellia Copyright (c) 2025 Giska Marcellia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1438 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0000 UPAYA MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 8 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SDN 94/IV KOTA JAMBI https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1439 <p><em>Kampus Mengajar merupakan program yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi sekolah penempatan dengan memberdayakan mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Program ini diharapkan dapat membawa dampak positif serta membantu meningkatkan kemampuan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi. Salah satu sekolah yang menjadi target kampus mengajar 8 adalah SD Negeri 94/IV Kota Jambi&nbsp; yaitu salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SD di Jl. Asparagus IV, RT. 5, Beliung, Kec. Kota Baru, Kota Jambi. Program ini dilaksanakan secara bertahap dimulai dengan pembekalan, observasi dan wawancara, merancang program melalui analisis kebutuhan sekolah, hingga pelaksanaan program. Berdasarkan pengamatan setelah program dilaksanakan, ditemukan bahwa program kampus mengajar 8 ini memberikan dampak positif terhadap seluruh pihak yang bersangkutan baik mahasiswa, peserta didik, guru dan pihak lainnya yang masih berada di dalam lingkungan sekolah penugasan.</em></p> Muhammad Sholeh, Destri Aulia`` Pratiwi Copyright (c) 2025 Muhammad Sholeh, Destri Aulia`` Pratiwi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1439 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0000 Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Microsoft Excel di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya Kecamatan Benowo https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1367 <p><em>Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya, Kecamatan Benowo. Dan Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan aplikasi penggunaan Microsoft excel yang berupa rumus rumus dalam pengolahan data yang telah disesuaikan dengan kemampuan siswa. Metode pengajaran yang mudah dipahami dan pembagian hadiah dirancang untuk menarik minat siswa. Kegiatan pelatihan berlangsung baik, dengan siswa yang kooperatif dan aktif bertanya. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi dunia kerja dan pendidikan lanjutan</em></p> Ni Luh Putu Hariastuti, Hastawati Chrisna Suroso, Evi Yuliawati Copyright (c) 2025 Ni Luh Putu Hariastuti, Hastawati Chrisna Suroso, Evi Yuliawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1367 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0000 PELATIHAN PENULISAN DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH BAGI GURU SMK NEGERI KOLBANO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1360 <p><em>Karya tulis ilmiah merupakan suatu tulisan yang berisi gagasan atau ide dan disusun berdasarkan fakta. Karya tulis ilmiah merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki oleh seorang guru, terutama ketika akan mengusulkan kenaikan pangkat atau golongan. Karya tulis ilmiah berupa jurnal yang dapat dipublikasikan selain memberi nilai pengetahuan dan pengembangan ilmu bagi penulis, juga menjadi kontribusi pengetahuan bagi guru. Pelatihan penulisan jurnal dan publikasi pada sekolah SMK Negeri Kolbano, mereka mangakui bahwa proses penulisan dan publikasi cenderung masih menuai banyak persoalan, baik dari aspek penulisan sampai pada aspek publikasi. Melalui analisis lapangan dan diskusi maka tim pengabdian masyarakat merumuskan konsep pelatihan dengan desain materi yang sederhana dan mudah dipahami. Proses pelatihan dilakukan dengan beberapa tahap materi yang dilakukan, Materi pertama: teknik penulisan karya ilmiah (mulai dari judul, pendahluan, tinjauan pustaka,&nbsp; metode, hasil, kesimpulan.). Materi kedua: pemilihan bahan pustaka dalam penulisan jurnal.</em> <em>Materi ketiga: pemilihan jurnal dan cara mempublikasikannya. </em><em>Hasil kegiatan memperlihatkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan guru dan telah menghasilkan draft artikel yang siap dipublish.</em></p> Sonya Titin Nge, Agus Maramba Meha, James Ngginak Copyright (c) 2025 Sonya Titin Nge, Agus Maramba Meha, James Ngginak https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/1360 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0000