PERAN GENERASI MILENIAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SDM YANG BERDAYA SAING DI ERA PANDEMI

Authors

  • Pusporini Palupi Jamaludin Universitas Pamulang
  • Elizabeth Tika Kristina Universitas Pamulang
  • Laura Komala Universitas Pamulang
  • Paringsih Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.297

Keywords:

Generasi Milenial, Kompetensi, SDM, Berdaya Saing

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan juga mahasiswa Universitas Pamulang.SDM yang dipandang penting dalam pengembangan SDM bidang pendidikan pendidikan memiliki peran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, mendesiminasikan, mensosialisasikan, dan mengaplikasikannya. Melalui perannya tersebut, pendidikan akan menghasilkan masyarakat pembelajar (learning society) yang diekspresikan dengan gemar mencari informasi, menggunakan, dan mengkomunikasikannya. generasi milenial sebagian besar tumbuh dan berkembangan melalui pendidikan, sehingga pendidikan menjadi wahana bagi pengembangan generasi milenial. Untuk itu, maka pendidikan memerlukan SDM yang kompeten sebagai aset bagi proses pengembangan generasi milenial yang siap akan problematika dan tantangan, SDM yang kompeten tersebut dicapai melalui proses pengembangan. Dengan demikian, SDM menjadi bagian penting dalam proses pengembangan pendidikan bagi generasi milenial. Dalam Pengabdian kepada masyarakat diharapkan keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. SDM yang berkualitas yang dibutuhkan diperoleh melalui proses, sehingga dibutuhkan suatu program pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan dan pengembangan kualitas SDM yang sesuai dengan transformasi sosialMetode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini penyampaikan materi secara verbal dalam pelaksanaan ini materi dengan melakukan Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan memberikan pembimbingan dan pendampingan pada anak remeja di daerah Bojong Sari Depok. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah remaja antusias memperhatikan penyampaian pada saat pemberian materi dari Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait dengan materi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara, 2019. Manajemen Sumber Manusia Perusahaan Bandung. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Dessler, Gary. (2017). Human Resource Management. United States America: Pearson Education.

Hardi Utomo, 2019, „Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial‟, Jurnal Among Makarti, Vol. 7, No. 14, STIE AMA Salatiga.

Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara

https://mediaindonesia.com/nusantara/424731/kompetensi-generasi-muda-harus-ditingkatkan

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kuncoro, Mudrajad. 2017. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Penerbit Erlangga.

Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti. 2018. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV.Mandar Maju.

Sudarmanto, Eko, dkk., 2020. Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Wibowo. 2016. Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Jamaludin, P. P., Kristina, E. T., Komala, L., & Paringsih, P. (2023). PERAN GENERASI MILENIAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SDM YANG BERDAYA SAING DI ERA PANDEMI. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–140. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.297