Optimalisasi Pelayanan Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Desa Cigombong Kec. Cigombong Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i3.1670Keywords:
optimalisasi, pelayanan, pendidikan, digitalisasiAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor dengan memfokuskan pada peningkatan kualitas pengajaran dan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan. Melalui pendekatan berbasis data digital, penelitian ini akan menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan pendidikan terutama pengajaran digital di sekolah tersebut dan pelayanan sarana dan prasarana. Metode yang digunakan adalah kualittatif deskriptif dengan pengambilan data primer melalui forum grup diskusi (FGD) dan wawancara dengan stakeholder terkait, data sekunder melalui jurnal, website, buku dan data instansi terkait. Dengan melibatkan berbagai pihak dari stakeholder pendidikan, diharapkan dapat ditemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini tentang pengajaran digital diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan di tingkat dasar, serta menjadi model bagi sekolah-sekolah lain di daerah yang sama dan pelaksanaan pelayanan sarana dan prasarana pendidikan menjadi lancar, effisien dan effektif.
Downloads
References
Azizatulhadhro, N. L., & Asy’ari, H. (2025). OPTIMALISASI PERANAN VISI DAN MISI PADA LINI PENDIDIKAN. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 248–257. https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i1.4127
Ela, A., Ismanto, B., & Iriani, A. (2023). School-Based Management: Participation in Improving the Quality of Education. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 93–102. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58286
Hakim, L. (2022). Strategies for Increasing Community Participation in Education Implementation in Madrasah Aliyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6933–6940. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2750
Maharani, A. diyah F., Santoso, S., & Madjdi, A. H. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI PURWOSARI KUDUS. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5833
Miles and Hubberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press.
NASRUN, N. (2025). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AL QURAN DI SDIT IKHTIAR UNHAS MAKASSAR. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 57–70. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i1.4081
Neiroukh, N., Ansari, A. A., Dalu, R. A., Khlaif, E., Barahmaeh, D., Zubeidi, J., Shtayeh, B., & Daher, W. (2024). Organizational communication competence of public secondary school principals through utilizing WhatsApp. Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1374279
Noviani, L., Setyowibowo, F., & Wahyono, B. (2023). PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 90–95. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n2.p90-95
Nurleli, N., Idris, S., & Masbur, M. (2023). Korelasi Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP IT Abqari. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 767–776. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v5i1.357
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). POTENSI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Rezeki Hasibuan, S., Titin Sumanti, S., & Rozi, F. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMA AR-RAHMAN MEDAN. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(5), 1411–1418. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i5.803
Sain, Z. H., Aulia Luqman AZIZ, & Moses Adeolu AGOI. (2024). Navigating Educational Challenges in Indonesia: Policy Recommendations for Future Success. JOURNAL OF DIGITAL LEARNING AND DISTANCE EDUCATION, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.56778/jdlde.v3i4.339
Sholeh, M. I. (2023). Strategi Efektif dalam Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(2), 139–164. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.462
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.
Syafira, P., Novaliza, S., Sulistianingsih, R., Restaryy, T. I., & Lasha, V. (2024). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(3). https://doi.org/10.61227/arji.v6i3.196
Warsidah, W., Satyahadewi, N., Amir, A., Linda, R., & Mulya Ashari, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 233. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5519
Zonyfar, C., Maharina, M., Sihabudin, S., & Ahmad, K. (2022). LITERASI DIGITAL: PENGUATAN ETIKA DAN INTERAKSI SISWA DI MEDIA SOSIAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1426. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7274
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Putranto Riau, Siti Aisyah, Darmanto, Rahmat Hidayat, Abdurrahman Rahim Thaha, Ai Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








