Optimalisasi Pelayanan Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Desa Cigombong Kec. Cigombong Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat

Authors

  • Dwi Putranto Riau Universitas Terbuka
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka
  • Darmanto Universitas Terbuka
  • Rahmat Hidayat Universitas Terbuka
  • Abdurrahman Rahim Thaha Universitas Terbuka
  • Ai Suryani Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i3.1670

Keywords:

optimalisasi, pelayanan, pendidikan, digitalisasi

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor  dengan memfokuskan pada peningkatan kualitas pengajaran dan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan.  Melalui pendekatan berbasis data digital, penelitian ini akan menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan  pendidikan terutama pengajaran digital di sekolah tersebut dan pelayanan sarana dan prasarana. Metode yang digunakan adalah kualittatif deskriptif dengan pengambilan data primer melalui forum grup diskusi (FGD) dan wawancara dengan stakeholder terkait, data sekunder melalui jurnal, website, buku dan data instansi terkait.  Dengan melibatkan berbagai pihak dari stakeholder pendidikan, diharapkan dapat ditemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini tentang pengajaran digital diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan di tingkat dasar, serta menjadi model bagi sekolah-sekolah lain di daerah yang sama dan pelaksanaan pelayanan sarana dan prasarana pendidikan menjadi lancar, effisien dan effektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizatulhadhro, N. L., & Asy’ari, H. (2025). OPTIMALISASI PERANAN VISI DAN MISI PADA LINI PENDIDIKAN. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 248–257. https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i1.4127

Ela, A., Ismanto, B., & Iriani, A. (2023). School-Based Management: Participation in Improving the Quality of Education. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 93–102. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58286

Hakim, L. (2022). Strategies for Increasing Community Participation in Education Implementation in Madrasah Aliyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6933–6940. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2750

Maharani, A. diyah F., Santoso, S., & Madjdi, A. H. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI PURWOSARI KUDUS. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5833

Miles and Hubberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press.

NASRUN, N. (2025). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AL QURAN DI SDIT IKHTIAR UNHAS MAKASSAR. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 57–70. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i1.4081

Neiroukh, N., Ansari, A. A., Dalu, R. A., Khlaif, E., Barahmaeh, D., Zubeidi, J., Shtayeh, B., & Daher, W. (2024). Organizational communication competence of public secondary school principals through utilizing WhatsApp. Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1374279

Noviani, L., Setyowibowo, F., & Wahyono, B. (2023). PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 90–95. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n2.p90-95

Nurleli, N., Idris, S., & Masbur, M. (2023). Korelasi Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP IT Abqari. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 767–776. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v5i1.357

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). POTENSI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Rezeki Hasibuan, S., Titin Sumanti, S., & Rozi, F. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMA AR-RAHMAN MEDAN. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(5), 1411–1418. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i5.803

Sain, Z. H., Aulia Luqman AZIZ, & Moses Adeolu AGOI. (2024). Navigating Educational Challenges in Indonesia: Policy Recommendations for Future Success. JOURNAL OF DIGITAL LEARNING AND DISTANCE EDUCATION, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.56778/jdlde.v3i4.339

Sholeh, M. I. (2023). Strategi Efektif dalam Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(2), 139–164. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.462

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Syafira, P., Novaliza, S., Sulistianingsih, R., Restaryy, T. I., & Lasha, V. (2024). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(3). https://doi.org/10.61227/arji.v6i3.196

Warsidah, W., Satyahadewi, N., Amir, A., Linda, R., & Mulya Ashari, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 233. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5519

Zonyfar, C., Maharina, M., Sihabudin, S., & Ahmad, K. (2022). LITERASI DIGITAL: PENGUATAN ETIKA DAN INTERAKSI SISWA DI MEDIA SOSIAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1426. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7274

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Riau, D. P., Aisyah, S., Darmanto, D., Hidayat, R., Thaha, A. R., & Suryani, A. (2025). Optimalisasi Pelayanan Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Desa Cigombong Kec. Cigombong Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 791–801. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i3.1670